Saya minta pada Oktober tahun depan SPAM Jatiluhur I sudah bisa mulai beroperasi atau 'commercial operation date' (COD)
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menargetkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I beroperasi mulai Oktober 2024.

"Saya minta pada Oktober tahun depan SPAM Jatiluhur I sudah bisa mulai beroperasi atau 'commercial operation date' (COD)," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti di Jakarta, Rabu.

Diana mengatakan bahwa pembangunan SPAM Jatiluhur I saat ini sudah berjalan. SPAM ini memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berlokasi di Cibeet dan Bekasi Jawa Barat.

"Diharapkan tahun depan sudah bisa tersambung semuanya," katanya.

SPAM Regional Jatiluhur I merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) infrastruktur air minum di mana SPAM Regional Jatiluhur I menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter/detik, yang didistribusikan kepada sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Baca juga: PUPR targetkan Tol Japek II Selatan Seksi 3 selesai Kuartal I 2024

Baca juga: Kementerian PUPR buka tender lebih dini untuk TA 2024


Ruang lingkup kegiatan pembangunannya meliputi pembangunan intake, pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA), dan jaringan pengembangan utama.

SPAM ini memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat yang disalurkan melalui Saluran Tarum Barat.

Pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I merupakan upaya pemerintah untuk memperbaiki kondisi lingkungan (environmental improvement) Jakarta dengan cara mengurangi penggunaan air tanah untuk mengatasi penurunan permukaan tanah di Ibu Kota Jakarta.

Selain SPAM Jatiluhur I, Kemen-PUPR juga membangun SPAM Regional Karian-Serpong. SPAM merupakan salah satu proyek terintegrasi pengelolaan sumber daya air, yaitu pembangunan Bendungan Karian, Saluran Air Baku Karian-Serpong (Karian-Serpong Conveyance System) dan SPAM Regional.

Proyek KPBU SPAM Regional Karian-Serpong dapat menyediakan air minum curah sebesar 4.600 liter/detik kepada tiga wilayah, antara lain Provinsi DKI Jakarta sebesar 3.200 liter/detik, Kota Tangerang sebesar 750 liter/detik, dan Kota Tangerang Selatan sebesar 650 liter/detik.

Dengan adanya pembangunan SPAM Regional Karian-Serpong ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar 368.000 sambungan rumah (SR) untuk memberi layanan air minum kepada sekitar 1,8 juta jiwa.

Baca juga: PUPR targetkan penyelesaian Tol Serang-Panimbang Seksi 3 dimulai 2024

Baca juga: PUPR: Pembangunan infrastruktur merata jadi pilar Indonesia Emas 2045

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023