Saat ini pengerjaan betonisasi sudah sampai tahap pengecoran Segmen-2 di Jalan Dupak sisi utara
Surabaya (ANTARA) - Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya, Jawa Timur, menyebutkan betonisasi Jalan Dupak Rukun di Exit Tol Surabaya-Gresik saat ini sudah mencapai 66,639 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan DSDABM Kota Surabaya Adi Gunita dalam keterangannya di Surabaya, Kamis, mengatakan, pengerjaan betonisasi yang dimulai pada 12 Juli 2023, per 31 Agustus 2023 sudah terealisasi 66,369 persen atau melebihi target rencana 50,326 persen dari yang ditentukan DSDABM sebelumnya.

"Saat ini pengerjaan betonisasi sudah sampai tahap pengecoran Segmen-2 di Jalan Dupak sisi utara," katanya.

Sedangkan untuk yang sisi utara, lanjut dia, tinggal pengecoran di Segmen-2 dekatnya median jalan. "Itu tinggal beberapa meter ya, mungkin sebelum 11 September bisa selesai," kata Adi.

Tak hanya itu, Adi menjelaskan, di sisi pertigaan jalan dari Exit Tol menuju ke Jalan Dupak juga ada proses pengecoran jalan. Pengerjaan tersebut ada di jalur dari arah Tol Gresik-Surabaya menuju ke Jalan Dupak.

Baca juga: Betonisasi jalan menuju Exit Tol Gresik-Surabaya dimulai 12 Juli 2023

Baca juga: PT JTT lakukan pemeliharaan periodik jalan tol Surabaya-Gempol


"Yang mau masuk ke rigid Jalan Dupak ke arah Jalan Tanjungsari ke arah utara itu kan ada pertigaan ya, itu tidak bisa ditutup pengecoran secara keseluruhan. Jadi, ada 2 Segmen buka tutup modelnya. Kamis selesaikan sisi timur dahulu, setelah selesai, baru kami buka kemudian dilanjutkan sisi baratnya," ucapnya.

Selanjutnya, DSDABM Surabaya sudah mulai mengerjakan betonisasi di Jalan Dupak sisi selatan pada Selasa (5/9) malam.

Adi menjelaskan Jalan Dupak sisi selatan ditargetkan bisa selesai paling lambat Senin (18/9). "Paling lambat 18 September 2023 dan bisa open traffic (pembukaan jalan)," ucapnya.

Selain itu, Adi menerangkan sebelum pelaksanaan pengerjaan Jalan Dupak sisi selatan, sudah dilakukan sosialisasi bersama antara DSDABM dengan pihak Kecamatan Asemrowo.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberitahu warga RT 05/RW 02 dan RT 09/RW 02, Kelurahan Asemrowo, bahwa ada pengerjaan betonisasi jalan hingga beberapa hari ke depan.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga sudah melakukan pemasangan rambu informasi terkait pengerjaan betonisasi di Jalan Dupak sisi selatan. Tujuannya, agar pengguna jalan dan warga terdampak mengetahui terkait pengerjaan betonisasi di kawasan Jalan Dupak.

"Kami pasang rambu informasi ya di beberapa titik, seperti di Jalan Pasar Besar, Jalan Demak, hingga Jalan Tembaan. Secara traffic, Jalan Dupak sisi selatan tidak terlalu padat seperti di sisi utara, namun pengguna jalan perlu tahu terlebih dahulu," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Eri pastikan tidak ada jalan rusak berat di Surabaya

Baca juga: DSDABM Surabaya perbaiki struktur tanah penyebab kerusakan Jalan Wiyung


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023