Sapporo, Jepang (ANTARA/Business Wire)-- Untuk mengembangkan ekspor scallop Jepang, Japan Scallop Export Promotion Association (yaitu “J-HOTATE Association”; Pimpinan: Ichiro Nomura; Sapporo, Hokkaido) akan mengadakan pameran tanggal 11-13 September di di Seafood Expo Asia Singapura untuk secara luas memamerkan scallop Jepang ke pasar-pasar Asia. 
Scallop Jepang (bahasa Jepang: HOTATE [Hoh-Tah-Teh]) sangat diakui karena rasa, ukuran, dan mutunya. Scallop segar tersedia sepanjang tahun berkat metode budidaya/panen ramah lingkungan dan teknologi canggih untuk menjaga kesegarannya - dua hal ini merupakan keunikan Jepang. Khususnya di Hokkaido, Aomori, Iwate, dan Miyagi sebagai produsen scallop. Arus laut setempat menyediakan nutrisi sangat kaya, sehingga menjadikannya salah satu tempat pendaratan scallop terbesar di dunia. 

Scallop juga dikenal sebagai makanan laut yang menyehatkan. Kaya nutrisi seperti vitamin B1, yang dapat menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi; dan taurin, yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan hati serta membantu mencegah diabetes. Selain itu, scallop juga tinggi protein dan rendah kalori sehingga cocok dijadikan superfood. 

Jepang memiliki keunikan dibandingkan belahan dunia lainnya karena berjarak dekat dengan daerah penangkapan ikan dan pelabuhan sehingga scallop dapat diolah dan didistribusikan segera setelah ditangkap, dan menyantap scallop mentah sudah lazim di Jepang. Zaman sekarang, scallop dibekukan dengan cepat segera setelah mendarat, sehingga dapat didistribusikan ke luar negeri dengan kualitas tetap terjaga. 

Ekspor “produk scallop Jepang” dari Jepang ke manca negara mencetak rekor tertinggi sebesar 94,5 miliar JPY (berat sekitar 128.000 ton) pada tahun 2022, lebih dari dua kali lipat (beratnya lebih dari 1,6 kali lipat) dibandingkan tahun 2020 ketika pasar terhenti akibat COVID-19. 

Data Ekspor Scallop Jepang (seluruh dunia) 
Data Ekspor Scallop Jepang (seluruh dunia)

Sumber: J-HOTATE Association 

Melalui pameran ini, kami ingin semakin memperluas ekspor scallop Jepang dan menyebarkan gaya tradisional Jepang, yaitu ‘makan mentah’ agar benar-benar dapat menikmati kekayaan nutrisi scallop. Di gerai kami tersedia ruang pertemuan, informasi produk, area produksi, pameran produk beku/suhu ruangan, dan sampel scallop Jepang. 

Informasi Pameran  
Nama Acara: Seafood Expo Asia (https://www.seafoodexpo.com/asia/
Nomor Gerai: K01 
Tanggal: Senin, 1 September 11, 2023 - Rabu, 13 September 2023 
Tempat: SANDS EXPO AND CONVENTION CENTRE 

Tentang Japan Scallop Export Promotion Association (“J-HOTATE Association”) 

Japan Scallop Export Promotion Association (yaitu “J-HOTATE Association”) didirikan pada bulan Desember 2021 dengan tujuan memperluas ekspor scallop Jepang. Scallop Jepang terkenal karena bermutu tinggi dan kelezatannya yang menyehatkan berkat metode budidaya perikanan berkelanjutan. Saat ini J-HOTATE Association memiliki 72 anggota, termasuk produsen (asosiasi koperasi perikanan) dan pengolah yang terlibat dalam ekspor scallop, selain distributor perikanan di Jepang dan pedagang. https://j-hotate.com/ 

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53545494/en 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum. 

Kontak 

Untuk Pertanyaan Media: 
J-HOTATE Association PR Office (Asahi Agency) 
j-hotate@asahi-ag.co.jp 

 

Sumber: J-HOTATE Association 

 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023