Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiagakan personel penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berpotensi terjadi di wilayah itu.

"Alhamdulillah, sampai hari ini di Rejang Lebong belum ada laporan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Memang beberapa hari lalu terjadi kebakaran lahan kosong tetapi luasannya cuma sedikit dan berhasil dipadamkan warga bersama petugas Damkar Rejang Lebong," kata Kalak BPBD Rejang Lebong Shalahudin saat dihubungi di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan personel penanggulangan karhutla yang disiagakan tersebut berasal dari Pusdalops BPBD Rejang Lebong serta para relawan. Selain personel, juga disiagakan satu unit mobil tangki, selang air, dan peralatan bantuan lainnya.

Baca juga: Rejang Lebong siagakan sarana pendukung pemadaman karhutla

"Kami juga selalu berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rejang Lebong serta aparat TNI dan Polri setempat," katanya.

Ia menyebutkan beberapa kecamatan Rejang Lebong yang berpotensi terjadi karhutla yakni Kecamatan Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Binduriang, Sindang Beliti Ilir, dan Sindang Beliti Ulu.

Selain itu, juga di wilayah Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya yang berdekatan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Baca juga: Tapin bersiaga hadapi potensi karhutla

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rejang Lebong Fery Najamudin menyatakan pihaknya telah menyiagakan 130 personel dan 13 unit kendaraan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya karhutla di 15 kecamatan di wilayah itu.

"Kita siapkan 13 unit kendaraan terdiri atas sembilan unit mobil pemadam kebakaran dan empat unit mobil tangki penyuplai air. Kemudian petugas yang disiagakan sebanyak 130 personel," kata dia.

Dia menjelaskan kendaraan dan personel yang disiagakan ini tersebar di lima pos yakni pos utama di Markas Damkar Rejang Lebong di Jalan S Sukowati Curup, dengan jumlah kendaraan sembilan unit.

Baca juga: Daerah-daerah di Riau siaga hadapi kebakaran hutan dan lahan

Sedangkan empat pos lainnya berada di Kecamatan Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, Kota Padang, dan Bermani Ulu Raya, yang masing-masing pos kecamatan ditempatkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023