Yerusalem (ANTARA) - Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich telah memerintahkan pengesahan sebanyak tiga permukiman di bagian selatan dari wilayah pendudukan di Tepi Barat.

Smotrich, yang bertugas mengawasi aktivitas permukiman di wilayah Kementerian Pertahanan Israel, pada Rabu (8/7) mengatakan bahwa ia bakal meningkatkan pembangunan tiga permukiman.

Tiga permukiman yang akan disahkan itu adalah permukiman Avigail dan Asael di Tepi Barat selatan, serta Beit Hogla di Tepi Barat tenggara.

“Hal-hal besar sedang terjadi di permukiman,” tulis Smotrich pada media X.
Baca juga: Sembilan warga Palestina cedera oleh pasukan Israel di Tepi Barat

Menggunakan nama-nama Alkitab untuk pemukiman di Tepi Barat, ia menambahkan bahwa pemerintah Israel mempromosikan kebijakan sayap kanan, Zionis dan nasionalis, yang memandang pembangunan permukiman di Judea dan Samaria sebagai aset negara Israel.

Menurut kelompok hak asasi manusia Israel Peace Now, pemerintah Israel telah mengumumkan rencana untuk membangun sebanyak 12.885 permukiman lagi di wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Perkiraan menunjukkan bahwa sekitar 700 ribu pemukim tinggal di lebih dari 250 permukiman dan pos terdepan di seluruh wilayah pendudukan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Di bawah hukum internasional, semua permukiman Yahudi di wilayah yang diduduki dianggap ilegal.

Baca juga: Inggris, Kanada dan Australia imbau Israel batalkan pemukiman baru
Baca juga: Sekjen PBB desak Israel batalkan bangun pemukiman di Tepi Barat


Sumber: Anadolu

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023