Jakarta (ANTARA) - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengatakan Ibu Negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee hari ini memenuhi niatnya untuk berkunjung ke Istana Batu Tulis di Bogor, Jawa Barat.

"Saat bertemu di Korea Selatan, Ibu Negara Korsel menanyakan nanti kalau datang ke Jakarta dalam sebuah kesempatan, beliau minta supaya bisa diacarakan di sini. Beliau ini menurut saya sangat senang seni, seperti arsitektur. Kalau tadi beliau melihat sangat kagum, karena rumah ini dibuat sendiri oleh Bung Karno. Kalau tidak salah dimulai tahun 1960," kata Megawati usai menerima Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee di Istana Batu Tulis, Bogor, Kamis.

Kedekatan Megawati dengan Korsel bukan hal baru karena Megawati memang kerap berkunjung ke Korea Selatan dan juga Korea Utara. Megawati bahkan mendapat amanah sebagai utusan khusus (special envoy) untuk perdamaian Semenanjung Korea.

Saat itu Megawati membawa misi perdamaian ke Korut pada Maret 2002 dan lanjut ke Korsel April 2002.

Megawati juga tercatat sebagai undangan untuk menghadiri pelantikan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, yang merupakan suami Kim Keon Hee, pada Mei 2022.

Di pendopo Istana Batu Tulis terpasang foto kunjungan Megawati saat pelantikan Presiden Yoon, foto itu juga diperlihatkan Megawati ke Ibu Negara Kim.

Megawati juga menceritakan soal isi percakapannya dengan Ibu Negara Korsel mengenai ketertarikannya untuk menginap di Istana Batu Tulis. Percakapan itu terjadi saat mereka menikmati pemandangan Gunung Salak dan Sungai Cisadane.

"Memang benar. Karena saya bilang kebun ini besar sampai ke belakang. Takutnya tidak cukup waktu. Saya bilang silahkan kalau kapan-kapan datang lagi. Beliau seperti menganggap saya ibunya. Saya bilang silahkan kalau mau menginap di sini. Tadi saya tunjukkan sebuah kamar yang bisa untuk ditempati," kata Megawati sambil tersenyum.

Megawati mengatakan Ibu Negara Korsel sangat puas atas kunjungannnya ke Istana Batu Tulis. Bahkan mereka berdua juga berfoto bersama di depan lukisan Bung Karno.

"Beliau senang sekali dan kagum dengan Istana Batu Tulis," ujar Megawati.

Megawati juga mengungkapkan acara kunjungan tersebut tersebut tertutup untuk media agar Ibu Negara Kim bisa sepenuhnya menikmati Istana Batu Tulis.

"Beliau benar-benar ingin menikmati kunjungan ini dan minta supaya acara ini tertutup untuk media," pungkas Megawati.
Baca juga: Megawati sambut kehadiran Ibu Negara Korsel di Istana Batu Tulis Bogor
Baca juga: Iriana Jokowi ajak Ibu Negara Korsel hadiri jamuan minum teh

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023