Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya membenarkan bahwa komisinya telah melantik anggota Komisi I DPR RI Sugiono sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI untuk menggantikan posisi almarhum Bambang Kristiono yang tutup usia pada Juli lalu.

"Iya betul, tadi sudah dilantik oleh Wakil Ketua DPR RI pada pukul 13.00 WIB di Komisi I," kata Teuku Riefky dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Bambang Kristiono, legislator Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga menjabat Ketua Dewan Eksekutif Badan Pengawas dan Disiplin DPP Partai Gerindra, meninggal dunia di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (20/7/2023).

"Dengan penuh duka cita, kami mengumumkan bahwa Bapak Haji Bambang Kristiono, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI telah meninggal dunia di Makassar. Kepergian beliau telah meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, kolega, dan masyarakat, kata Tenaga Ahli HBK, Ega.

Bambang Kristiono kelahiran 25 Desember 1960, adalah politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019–2024. Ia mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat II yang meliputi Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara, dan Kota Mataram mewakili Partai Gerindra.

Adapun pada Jumat (18/8), Ketua DPD Partai Gerindra Nusa Tenggara Barat (NTB) H Lalu Fathul Bahri mengatakan bahwa proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI daerah pemilihan NTB Bambang Kristiono (HBK) yang telah meninggal tersebut merupakan kebijakan DPP Partai Gerindra.

"Proses PAW almarhum HBK ditentukan DPP Partai Gerindra," kata Fathul.
Baca juga: Haji Bambang Kristiono Legislator Dapil NTB meninggal dunia
Baca juga: Anggota Komisi I kenang Bambang Kristiono figur bersahaja
Baca juga: PAW DPR RI Bambang Kristiono yang meninggal diproses DPP Gerindra

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023