Terutama bagi warga kurang mampu yang kesulitan akses air bersih
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara menggandeng berbagai pihak untuk mengatasi krisis air di Koja dengan menyerahkan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air warga di kawasan tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan usai Rembug Warga RW 07 Tugu Utara, Koja, menyebutkan, pihaknya memiliki program sumur bor untuk mengatasi persoalan krisis air di RW 07 Tugu Utara, Koja.

"Saat ini kami sudah meresmikan pengoperasian satu sumur bor untuk mengaliri sekitar lima titik di RT 07/RW 07 Tugu Utara. Harapannya tentu program ini bisa terus berlanjut ke depannya," kata Gidion.

Gidion mengatakan, bantuan sumur bor ini berkolaborasi dengan Kodim 0502 Jakarta Utara dan Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Gidion berharap warga sekitar RT 07/RW 07 Tugu Utara bisa tetap guyub dan rukun agar manfaat program pemberian bantuan tersebut bisa terus dilanjutkan.

"Nanti bagaimana (kelanjutan program) tergantung warga di sini bisa mengatur untuk kebutuhan airnya," kata Gidion.

Baca juga: Warga Tugu Selatan keluhkan air tanah asin

Camat Koja Syamsurijal Khadafi mengatakan, wilayah RW 07 Tugu Utara, Koja, merupakan kawasan padat penduduk.

Syamsurijal menyebutkan, kepadatan penduduk membuat wilayah tersebut rawan kebakaran. Warganya juga banyak yang merupakan kalangan ekonomi menengah ke bawah sehingga tidak mampu berlangganan air.

Jumlah Kepala Keluarga (KK) di lokasi tersebut mencapai 4.297 dengan luas area sekitar 44 hektare. Daat ini sebagian besar warga ikut merasakan kekeringan sebagai dampak musim kemarau.

Musim kemarau ini menjadi kemarau yang berkepanjangan bagi warga karena banyak air di sumur yang kering dan debit air yang keluar dari keran perpipaan juga kecil.

"Mudah-mudahan program sumur bor ini bisa mengatasi masalah di RW07 ini," ujar dia pula.

Itu sebabnya air bersih yang dialirkan dari instalasi sumur bor dan disebar di lima titik di lokasi RT 07/RW 07 Tugu Utara bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan air di permukiman tersebut.

"Terutama bagi warga kurang mampu yang kesulitan akses air bersih," katanya.

Baca juga: Warga Rawa Badak Selatan Koja segera miliki IPAL Komunal

Ketua RW 07 Tugu Selatan, Suaib mengatakan, instalasi sumur bor ini sangat dibutuhkan warga, terutama untuk mereka yang tidak menggunakan air dari jaringan perpipaan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, air bersih yang didapatkan dari sumur bor ini sangat berguna untuk kebutuhan darurat masyarakat RW 07 Tugu Utara, seperti ketika kebakaran.

Suaib berterima kasih kepada pihak terkait yang sudah memberikan bantuan air bersih dalam bentuk instalasi sumur bor ini.

Ia berharap sumur bor bisa dibangun lagi di RT-RT lain. "Ini khususnya untuk warga yang tidak mampu, warga yang menengah ke bawah," kata Suaib.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023