"Beberapa lembaga survei nasional menempatkan PKS di tiga besar. Karenanya ikhtiar PKS di Jatim juga harus makin optimal dalam mengoptimalkan dan mengikhtiarkan peluang ini. Mohon doanya,"
Surabaya (ANTARA) - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur menggelar agenda persiapan langkah pemenangan jelang pelaksanaan konstelasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Jumat.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jatim Irwan Setiawan dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, menyatakan kegiatan internal partai itu bertujuan menyatukan pandangan terhadap strategi pemenangan, baik di tingkat Jawa Timur maupun kabupaten dan kota.

"Beberapa lembaga survei nasional menempatkan PKS di tiga besar. Karenanya ikhtiar PKS di Jatim juga harus makin optimal dalam mengoptimalkan dan mengikhtiarkan peluang ini. Mohon doanya," kata Irwan.

Karenanya, acara tersebut dihadiri oleh ketua dan sekretaris PKS se-Jawa Timur untuk menindaklanjuti "Political Update" dari Dewan Pimpinan Pusat PKS.

Irwan menyebut agenda di tingkat pusat menghasilkan rekomendasi, yakni setiap bakal calon legislatif (caleg) PKS didorong bekerja keras untuk melakukan pelayanan demi kepentingan masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, para bakal caleg diinstruksikan rutin menjalin komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat di Jawa Timur.

"Di 'Political Update', PKS Jatim juga merumuskan tentang Kick off Pilkada DPP yang di sana mencanangkan kesiapan PKS merekrut jabatan politik dalam pilkada 2024," ujarnya.

Dia menambahkan PKS Jawa Timur siap mengusung tokoh-tokoh yang nantinya dicalonkan sebagai kepala daerah.

"Kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Jawa Timur," ucapnya.

Kang Irwan, sapaan akrabnya, juga menyatakan para pengurus di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi bisa mempercepat pelaksanaan tahapan penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala daerah.

"Di tahap penjaringan, PKS dapat menerima usulan dari anggota dari struktur partai maupun dari masyarakat atau Dewan Pimpinan Daerah (DPD) melakukan komunikasi dengan para calon yang sudah muncul di kabupaten kota masing masing," katanya.

"DPD menggelar agenda musyawarah dan hasilnya diusulkan ke DPW, kemudian DPW akan melakukan musyawarah dan kemudian diusulkan ke DPP melalui bidang Pembinaan Wilayah," ujarnya.

Masing-masing DPD PKS juga bisa melakukan pendaftaran secara terbuka untuk memperoleh usulan masyarakat. Sedangkan usulan struktur partai dan anggota harus melihat sisi ketokohan, popularitas, dan elektabilitas figur yang ada.

"Juga hasil komunikasi politik dengan tokoh-tokoh yang ada di Jawa Timur maupun masing-masing kabupaten maupun kota," ujarnya.

 

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023