AMSTERDAM, 31 Agustus 2023 /PRNewswire/ -- Menurut riset terbaru, Kapsul Obat Tradisional Tiongkok (Traditional Chinese Medicine/TCM) Qili Qiangxin (dikembangkan dan diproduksi oleh Yiling Pharmaceutical) yang dikonsumsi sebagai suplemen dalam pengobatan gagal jantung secara signifikan menurunkan risiko rawat inap ulang (re-hospitalization) akibat kondisi gagal jantung yang memburuk, serta kasus kematian kardiovaskular pada pasien gagal jantung kronis.
Pada 26 Agustus lalu, Prof. Xinli Li, seorang pakar kardiovaskular, memaparkan hasil riset tersebut di European Society of Cardiology (ESC) Congress, konferensi kedokteran ilmiah terkemuka dalam bidang kardiovaskular, yang berlangsung di Amsterdam, Belanda.

Prof. Xinli Li menjelaskan, hasil riset ini tercapai lewat uji klinik dengan metode acak, double-blind, dan pemakaian plasebo, serta berlangsung di lebih dari satu pusat kesehatan. Riset ini melibatkan 3.119 pasien gagal jantung kronis, serta 133 rumah sakit di Tiongkok Daratan dan Hong Kong SAR. Periode pengobatan berlangsung selama 12-36 bulan. Hasil riset ini menunjukkan, Kapsul Qili Qiangxin menurunkan risiko kejadian primary composite endpoint, mencakup rawat inap ulang akibat kondisi gagal jantung yang memburuk dan kematian kardiovaskular, hingga 22%.

Riset relevan ini diterbitkan jurnal kardiovaskular internasional yang terkemuka, "Journal of the American College of Cardiology" (JACC), pada 2013. Bahkan, riset ini dinilai oleh JACC sebagai pencapaian ilmiah pada tahun tersebut. "Riset ini memperkuat efikasi Kapsul Qili Qiangxin dan efek sinergisnya ketika dipadukan dengan metode pengobatan Barat. Maka, kapsul ini sangat bermanfaat bagi pasien gagal jantung."

Riset ini merupakan uji klinik dengan metode acak, double-blind, dan menggunakan plasebo yang mengkaji hasil nyata dari konsumsi obat tradisional Tiongkok untuk mengobati gagal jantung kronis. Di ESC Congress, Prof. Carolyn Sp Lam, Senior Consultant, National Heart Centre Singapore, serta NUS Yong Loo Lin School of Medicine, mengajak peserta acara untuk berdiskusi. Dia juga menekankan, riset ini merupakan bukti ilmiah dari Kapsul Qili Qiangxin—obat tradisional yang dikonsumsi jutaan pasien gagal jantung di Tiongkok. Riset ini membuktikan, Kapsul Qili Qiangxin secara signifikan menurunkan kasus gangguan kardiovaskular di kalangan pasien gagal jantung kronis, serta mengatasi risiko yang berkaitan dengan rawat inap ulang akibat kondisi gagal jantung yang memburuk, dan kasus kematian kardiovaskular. Di sisi lain, riset ini juga mempertegas keamanan produk ini ketika dikonsumsi dalam jangka panjang. Riset ini meningkatkan jenjang bukti klinis dari obat tradisional Tiongkok, serta menjadi tolok ukur baru untuk bukti klinis obat tradisional Tiongkok.

Pada tanggal 26 Agustus waktu setempat, Prof. Carolyn Sp Lam, Konsultan Senior di National Heart Centre Singapura, menyampaikan presentasi dan terlibat dalam diskusi pada sesi Hot Line di Kongres ESC.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023