Mudah-mudahan pada 17 Agustus 2024 kita boyongan (pindahan) ke IKN Nusantara dengan kapal
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan kegiatan Nusantara Sail 2023 menunjukkan bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim.

"Kita ingin menunjukkan bahwa kita adalah bangsa maritim, bangsa pelaut seperti yang dilakukan oleh nenek moyang kita dulu," ujar Basuki dalam pembukaan Nusantara Sail 2023 di Ancol Jakarta Utara pada Sabtu.

Dia menambahkan, Nusantara Sail 2023 menunjukkan sekali lagi bahwa Indonesia sebagai bangsa pelaut, dan laut bukan menjadi pemisah melainkan menjadi penghubung pulau-pulau di Indonesia.

Laut menjadi jembatan alami yang menghubungkan dan mempersatukan Indonesia.

Melalui Nusantara Sail 2023, bangsa Indonesia secara konkret menuju ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ini.

Basuki berharap Nusantara Sail pada tahun-tahun berikutnya diikuti oleh lebih banyak peserta.

Baca juga: Menteri PUPR sampaikan peluang kerjasama bangun IKN ke delegasi Jepang

Baca juga: Ditjen Cipta Karya alokasikan Rp11,4 triliun untuk infrastruktur IKN


"Mudah-mudahan pada 17 Agustus 2024 kita boyongan (pindahan) ke IKN Nusantara dengan kapal," katanya.

Dia juga mengimbau peserta Nusantara Sail 2023 mengecek persiapan, perlengkapan dan peralatan, agar dapat sampai dengan selamat di Pulau Balang, Kalimantan Timur sebagai salah satu destinasi pelayaran.

"Sampai bertemu, saya menyambut kalian nanti di Pulau Balang," ujarnya.

Nusantara Sail adalah acara berlayar nasional yang diprakarsai Kementerian PUPR untuk merayakan dan mempersembahkan IKN Nusantara.

Kegiatan ini sebagai awal pengembangan IKN Nusantara yang berfokus pada maritim dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Rangkaian acara Nusantara Sail 2023 ini merupakan perpindahan simbolis Ibu Kota Negara dari Jakarta ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Selain itu, Nusantara Sail 2023 juga merupakan bagian dari Road to World Water Forum Ke-10 yang digelar di Bali pada tahun 2024, dan perayaan Hari Maritim ke-59.

Kegiatan ini dimulai dari Jakarta, kemudian bergerak ke Balikpapan, lalu menuju IKN Nusantara dan Samarinda.

Tidak hanya dimulai di Jakarta, kegiatan Nusantara Sail 2023 ini juga dimulai dari lokasi-lokasi lainnya seperti Makassar dan Nunukan.

Nusantara Sail 2023 tidak hanya diikuti oleh para pelaut nasional, namun juga para pelaut dari berbagai negara seperti Australia, Norwegia, Malaysia dan Afrika Selatan.

Baca juga: Ditjen Bina Marga PUPR anggarkan pembangunan IKN 2024 Rp16,67 triliun

Baca juga: Kementerian PUPR memulai pembangunan 47 menara rusun ASN di IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023