Pembangunan JPO yang menghubungkan kawasan parkir Ancol dengan JIS sedang kita lakukan, di mana kita sedang memasang tiang-tiang pancangnya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga melaksanakan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dari lapangan parkir di Ancol, Jakarta Utara menuju Stadion Jakarta International Stadium (JIS) sebagai arena utama Piala Dunia U-17.

"Pembangunan JPO yang menghubungkan kawasan parkir Ancol dengan JIS sedang kita lakukan, di mana kita sedang memasang tiang-tiang pancangnya," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian di Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu.

Menurut Hedy, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan JPO dari Ancol menuju JIS dapat selesai sebelum perhelatan Piala Dunia U-17.

"Kita targetkan pembangunan JPO untuk JIS tersebut selesai sebelum pelaksanaan perhelatan Piala Dunia U-17 pada November 2023," katanya.

Sebagai informasi, pembangunan JPO tersebut merupakan peningkatan akses eksternal Stadion Jakarta International Stadium (JIS) sebagai arena utama Piala Dunia U-17.

Adapun JPO tersebut dibangun dengan memiliki panjang 430 meter dengan lebar 5 meter. Kemudian untuk akses eksternal lainnya, nantinya akan ada pembangunan jalan akses menuju JIS.

FIFA telah menyepakati Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan diselenggarakan di empat stadion.

Penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengusulkan tim nasional Indonesia bertanding di Jakarta. Selain itu pembukaan juga diselenggarakan di Jakarta, sedangkan pertandingan semifinal dan final digelar di Solo.

Bagi Indonesia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 merupakan sebuah kehormatan karena mendapat kepercayaan menggelar kejuaraan sepak bola dunia bagi generasi pesepakbola masa depan.

Baca juga: Kementerian PUPR dan Pemprov DKI berbagi tugas terkait penyiapan JIS
Baca juga: Kementerian PUPR targetkan perbaikan JIS selesai tiga bulan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023