Pemerintah China juga mendorong pembukaan program artikulasi
Jakarta (ANTARA News) - China meningkatkan jumlah beasiswa untuk para pelajar asing agar mereka lebih tertarik belajar di negeri Tirai Bambu tersebut.

Hal itu dikemukakan Direktur Lembaga Pendidikan Bahasa Mandarin dan Konsultan Studi di China, BLCI (Beijing Language & Culture Institute), Samuel Wiyono MBA, melalui keterangan pers yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Senin.

"Tidak hanya itu, Pemerintah China juga mendorong pembukaan program artikulasi  ataupun pendirian universitas asing sebagai wujud peningkatan mutu pendidikan," katanya.

Pemerintah China, lanjut dia, menargetkan peningkatan  mahasiswa mancanegara yang berkuliah di negara itu hingga mencapai setengah juta pada tahun 2020.

"Keberhasilan China yang fenomenal dalam membangun perekonomian negaranya, serta kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi daya tarik mahasiswa asing untuk menimba ilmu di negeri itu," katanya.

Untuk itu, banyak  perguruan tinggi negeri di China membuka  program studi menggunakan bahasa Inggris, terutama universitas asing yang bekerja sama dengan universitas setempat seperti University Sheffield  dan Birmingham  dari Inggris, Delaware State University  dan San Francisco State University dari Amerika, Blue Mountains International Hotel School dan University of Canberra dari Australia.

Terkait dengan hal itu, BLCI menyelenggarakan Pameran Pendidikan China ke-16  yang terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya. Pameran akan diselenggarakan pada 4-5 Mei di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta, 8-9 Mei di Grand Swiss Belhotel, Medan,  serta 11-12 Mei di Hotel Tunjungan, Surabaya.

Pameran itu diikuti 25 perguruan tinggi terkemuka di China baik negeri maupun swasta untuk program studi bergelar S1 maupun S2 dengan pengantar pengantar bahasa Mandarin ataupun bahasa Inggris. 

Samuel menjelaskan program studi di China sudah pengantar bahasa Inggris di antaranya bisnis, teknik, desain, kedokteran barat termasuk farmasi, serta perhotelan.

Universitasnya antara lain  Wuhan University Technology, Ocean University of China, Nanjing University Aeronautics Astronautics, Shandong University Science Technology, Northeast Normal University, Liaoning Medical University, Guilin Institute Tourism.

"Tidak itu saja, beberapa di antaranya memberikan beasiswa langsung hingga Rp12 juta-an atau menggratiskan biaya pendaftaran hingga Rp1 juta-an, bila mendaftar saat pameran berlangsung," ujarnya.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013