Rumah sakit ini salah satu rumah sakit yang punya Cath Lab untuk menangani serangan jantung dan stroke
Labuan Bajo (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau skrining penyakit jantung bawaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Rumah sakit ini salah satu rumah sakit yang punya Cath Lab untuk menangani serangan jantung dan stroke," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Sabtu.

Dalam kunjungan itu, Menkes Budi berbincang-bincang dengan dokter spesialis yang memeriksa pasien jantung bawaan. Ia menanyakan berbagai hal tentang pemeriksaan penyakit jantung bawaan dan pengoperasian alat yang ada.

Skrining penyakit jantung bawaan merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Bakti Indonesia Timur Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat.

Baca juga: Menkes RI apresiasi kesiapan layanan jantung di RSUD Komodo

Dokter Spesialis Jantung dari Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, Rahima Ratna Juwita, yang terlibat dalam skrining tersebut mengatakan ada enam pasien di Labuan Bajo yang terdeteksi memiliki penyakit jantung bawaan.

Namun, ada empat pasien yang hendak dirujuk ke Surabaya.

"Kalau sudah terdeteksi lebih awal, pasti penanganan bisa lebih cepat dan optimal. Jadi skrining ini memang sangat diperlukan," kata dokter yang akrab disapa Dokter Ara itu.

Pada kesempatan itu Menkes Budi berharap munculnya dokter spesialis jantung yang mau bekerja di daerah, sehingga bisa memberikan layanan kepada masyarakat. Dengan demikian alat canggih yang telah tersedia di Labuan Bajo bisa dimanfaatkan oleh masyarakat lewat kehadiran para dokter spesialis tersebut.

Selain meninjau skrining penyakit jantung bawaan, Menkes Budi juga melihat persiapan operasi katarak dalam bakti sosial yang sama.

Menkes Budi juga melakukan peluncuran Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang Rumah Sakit Kapal di Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga yang berlabuh di Dermaga Marina Labuan Bajo.

Baca juga: Menteri Kesehatan luncurkan peraturan tentang rumah sakit kapal

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023