Jakarta (ANTARA) - Pendukung bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang bernama "KawanJuangGP" menggelar pengobatan gratis di Jakarta dan Jawa Barat.

Koordinator KawanJuangGP Benny Kurniadi mengatakan aksi pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan di 10 titik di Jakarta dan Jawa Barat yang diikuti sekitar 1.500 peserta.

"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan gratis pekan ini di 10 titik di wilayah Jakarta dan Jawa Barat," ujar Beny dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: PDIP-Perindo: Kemunculan Ganjar di video azan bukan politik identitas

Baca juga: Ganjar dinilai punya modal sosial yang kuat hadapi Pilpres 2024


Ia menyebutkan pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol, gula, dan asam urat. Adapun pesertanya adalah masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah.

Selain pemeriksaan, masyarakat juga diberi pemahaman soal penerapan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan mendeteksi dan mencegah penyakit sejak dini, kami berharap bisa membantu mewujudkan Indonesia yang sehat," katanya.

Pemeriksaan kesehatan gratis oleh KawanJuangGP sudah dilakukan sejak Juni 2023 di sejumlah titik yang meliputi wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor. Pemeriksaan kesehatan ini menyasar balita, warga dewasa, dan lansia di lebih dari 100 wilayah.

Setiap lokasi, diikuti sekitar 150 hingga 200 warga sekitar. Untuk Jawa Barat, Kota Bandung menjadi pusat kegiatan.

Selain itu wilayah sekitarnya, yaitu Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Purwakarta, Cianjur, Garut, Tasikmalaya hingga Ciamis.

Menurut Beny, “KawanJuang” merupakan relawan yang berasal dari beragam profesi.

"Kami mendukung Ganjar Pranowo karena beliau memiliki rekam jejak yang bagus. Visinya menjadikan Indonesia yang sehat, sejalan dengan cita-cita kita bersama," kata Beny.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023