Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung Dudi Prayudi menyatakan program Tumbler 7 yang diselenggarakan oleh Le Minerale bersama SMPN 7 Bandung mendukung upaya pemerintah dalam memasifkan gerakan ekonomi sirkular nasional.

“Program ini relevan dengan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Program Tumbler 7 yang diselenggarakan oleh Le Mineral dan SMPN 7 Bandung bertujuan untuk menyediakan air minum yang lebih sehat dan lebih aman sekaligus menjadi langkah dalam mengurangi sampah plastik.

Baca juga: IDI dan Le Minerale edukasi masyarakat tentang pentingnya air mineral

Dudi menuturkan program Tumbler 7 juga sejalan dengan program Kang Pisman milik Kota Bandung, yaitu kurangi, pisahkan dan manfaatkan (sampah) yang sudah berjalan selama beberapa waktu.

Dudi menjelaskan program penggunaan tumbler ini berpotensi mengurangi sampah plastik kemasan kecil, karena para siswa akan terbiasa membawa dan menggunakan tumbler sebagai medium untuk meminum air.

Selain itu, program ini juga akan mendorong kebiasaan perilaku warga sekolah untuk mengurangi penggunaan plastik kemasan kecil yang berpotensi tercecer dan tidak terpilah hingga menjadi sampah.

“Kami mendukung program penggunaan tumbler yang dapat terus mengisi ulang dari galon Le Minerale ini, karena dengan menggunakan kemasan yang lebih besar, kita berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik kemasan kecil,” katanya.

Dudi berharap program yang digagas SMPN 7 Kota Bandung dan Le Minerale ini dapat terus berjalan ke seluruh sekolah di Bandung, karena membantu Pemkot Bandung dalam mengurangi sampah.

Kepala SMPN 7 Bandung Lukman Surya Saputra optimistis inisiatif baik ini akan membangun kesadaran siswa yang bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh ,namun juga kepedulian lingkungan.

Baca juga: Kemkominfo dorong penggunaan "tumbler" untuk kurangi botol plastik

Baca juga: Penggunaan "tumbler" tekan sampah plastik dideklarasikan Muaragembong


“Dengan menggunakan tumbler, konsumsi air yang dibutuhkan siswa dapat lebih terpenuhi dan terjamin bahwa siswa mendapatkan sumber air yang sehat dan aman,” ujar Lukman.

Head of Public Relations and Digital Le Minerale, Yuna Eka Kristina menambahkan program Tumbler 7 dibentuk dalam rangka memenuhi kecukupan cairan tubuh serta asupan mineral, sehingga siswa-siswi memiliki kebugaran dan daya tahan tubuh yang baik.

“Selain dari sisi kesehatan, misi sekolah ini sama dan sejalan dengan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale untuk mendukung tujuan pemerintah dalam mengurangi sampah plastik,” kata Yuna.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023