Hangzhou (ANTARA) - Sekitar dua pekan menjelang pembukaan Asian Games ke-19 di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur, Pusat Media Utama (Main Media Center/MMC) untuk ajang tersebut mulai menjalani operasi uji coba pada Sabtu (9/9).

Selama masa uji coba yang berlangsung pada 9 hingga 17 September, awak media yang akan bertugas saat penyelenggaraan Asian Games Hangzhou dapat mengaktifkan akreditasi media mereka di Stasiun Kereta Timur Hangzhou, Bandar Udara Internasional Hangzhou Xiaoshan, MMC, dan Kampung Atlet Asian Games.

Terletak di dekat stadion utama Hangzhou Olympic Sports Center, lokasi penyelenggaraan upacara pembukaan Asian Games Hangzhou, MMC meliputi Pusat Pers Utama (Main Press Center/MPC) dan Pusat Penyiaran Internasional (International Broadcasting Center/IBC).

Sebagai fasilitas nonkompetisi yang krusial dalam pesta olahraga tersebut, MMC menyediakan berbagai layanan termasuk kedatangan dan keberangkatan, pengamanan transportasi, penerjemahan dan interpretasi, katering, serta penyewaan barang dan material bagi lebih dari 10.000 jurnalis, fotografer, dan personel penyiaran yang telah terakreditasi.

Huang Haifeng, Kepala MMC, mengatakan bahwa perancangan MMC dimulai pada 23 Maret dan selesai pada 15 Juli, dan segala sesuatu telah siap sejak tim MMC melakukan berbagai uji coba mulai 15 Agustus.

Bagi Xu Qing, Kepala Eksekutif MMC, operasi uji coba ini menandai dimulainya pengoperasian MMC secara penuh.

MMC akan dibuka secara resmi pada 18 September, menurut pihak komite penyelenggara.

Asian Games ke-19 akan berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober, mempertandingkan total 40 cabang olahraga.

Asian Games Hangzhou akan menjadi Asian Games ketiga yang digelar di China, setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023