Jakarta (ANTARA) - Atlet panjat tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi meraih penghargaan sebagai atlet berprestasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Sabtu (9/9). 

Atlet panjat tebing nomor speed putri tersebut dianugerahi penghargaan sebagai atlet berprestasi 2023 atas keberhasilannya menjadi atlet panjat tebing pertama Indonesia yang meraih emas dalam ajang IFSC Climbing World Championships 2023 di Bern.

"Sangat senang atas penghargaan yang diberikan oleh Pak Menpora Dito Ariotedjo,” kata Desak dilansir dari keterangan resmi, Minggu.

Selain meraih medali emas, atlet berusia 22 tahun itu juga memastikan satu tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Atlet asal Bali itu mengatakan akan terus meningkatkan intensitas latihannya untuk bisa meraih prestasi di dua ajang sekaligus yakni Asian Games 2023 dan Olimpiade Paris 2024.

“Nanti di Asian Games semoga saya bisa meraih medali emas. Pasti saya akan terus meningkatkan kapasitas memanjat saya agar bisa sukses juga di Olimpiade Paris,” ungkap Desak Made.

Baca juga: Presiden: Jadikan Haornas momentum untuk berjaya

Disamping itu, Desak Made juga mengapresiasi penyelenggaraan peringatan Haornas 2023 karena digelar sangat meriah ditambah dengan kehadiran sejumlah selebritis Tanah Air.

“Haornas tahun ini sangat-sangat meriah. Luar biasa. Di kesempatan ini juga saya ingin menyampaikan Selamat Hari Olahraga Nasional,” jelasnya.

Selain atlet, Menpora Dito juga memberikan penghargaan kepada insan olahraga lainnya diberbagai bidang. Misalnya eks olahragawan, pelatih/instruktur, wasit/juri, penggerak olahraga, dokter olahraga, wartawan olahraga, dan pembina olahraga.

Baca juga: Menpora sampaikan pesan Presiden untuk kembangkan ekosistem olahraga
Baca juga: Menpora jelaskan pentingnya empat aspek strategis ekosistem olahraga


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023