Hangzhou (ANTARA) - Lebih dari 1 juta tiang pengisian daya dibangun di Provinsi Zhejiang, China timur, untuk mendukung kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang semakin populer tidak hanya di wilayah perkotaan tetapi juga di wilayah pedesaan.

Menurut anak perusahaan State Grid di Zhejiang, hingga akhir Agustus lalu, Zhejiang memiliki 119.500 tiang pengisian daya umum dan 929.200 tiang pengisian daya milik pribadi. Seluruh tiang pengisian daya tersebut menyediakan lebih dari 3,4 miliar kWh listrik dari Januari hingga Agustus tahun ini, naik 70 persen dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, daerah pedesaan di Zhejiang kini memiliki lebih banyak fasilitas pengisian daya untuk EV dibandingkan sebelumnya.

Hingga akhir Agustus, total 269.100 tiang pengisian daya pribadi telah dipasang di 792 desa dan kota kecil. Sekitar 84 persen pemilik EV di daerah pedesaan memiliki tempat pengisian daya pribadi.

Zhejiang akan memiliki lebih dari 2,3 juta tiang pengisian daya untuk EV, termasuk sedikitnya 900.000 di daerah pedesaan, per 2025 guna memenuhi permintaan pengisian daya dari 4 juta lebih kendaraan energi baru, menurut rencana provinsi itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023