Dermaga dua yang berada di bagian Selatan itu, mengalami rusak akibat berlubang di dek dermaga, sehingga kini dalam proses perbaikan
Ternate (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Maluku Utara, untuk sementara membatasi tonase muatan mobil truk pengangkut barang maksimal 15 ton yang akan memanfaatkan layanan jasa kapal Ferry dari Pelabuhan Penyeberangan Bastiong, Ternate ke sejumlah daerah.

"Dermaga dua yang berada di bagian Selatan itu, mengalami rusak akibat berlubang di dek dermaga, sehingga kini dalam proses perbaikan," kata General Manager PT ASDP Ferry Cabang Ternate, Justan Gaffaru di Ternate, Minggu.

Dek dermaga dua yang rusak itu, pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, untuk sementara membatasi tonase muatan mobil truk pengangkut barang maksimal 15 ton, untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

Dia mengatakan, kalau mobil truk pengangkut barang tidak dibatasi muatannya dikhawatirkan kerusakan dermaga itu, semakin parah dan mengakibatkan tidak bisa dilewati kendaraan yang pada gilirannya akan mematikan aktivitas layanan penyeberangan.
 
"Kalau kita tidak dibatasi tonase mobil truk pengangkut barang muatan maksimal 15 ton maka akan mengganggu aktivitas pelayaran dari dan ke Pelabuhan Ferry Ternate,"ujarnya.

Masalahnya, menurut Justan Gaffaru satu dermaga lainnya yang berada di bagian Utara Pelabuhan Penyeberangan Ferry Ternate itu, rusak total akibat ditabrak kapal Ferry pada bulan Mei lalu dan saat ini masih dalam proses perbaikan dan belum bisa dimanfaatkan.

"Tidak menutup dermaga kalau kita tutup ini akan macet, tidak ada penyeberangan sama sekali nak ini kita hindari jadi kami mengambil langkah kemarin langsung hari Minggu itu kita lakukan perbaikan dengan catatan muatan kita batasi, terutama tonase di atas 15 ton jadi alat berat, truk dan muatan di atas 15 ton untuk sementara kami tidak akan melayani," tegasnya.

Pihaknya, kata lanjut dia, menargetkan perbaikan dermaga dua Ferry itu, selesai pada pekan depan, sehingga mobil truk pengangkut barang tidak lagi dibatasi muatannya 15 ton, saat akan melewati dermaga itu, baik saat berangkat maupun saat tiba dari sejumlah daerah di Maluku Utara maupun dari Bitung, Sulawesi Utara.

Baca juga: ASDP: Kerugian dermaga feri Ternate ambruk capai puluhan miliar rupiah
Baca juga: Pelabuhan Mudaffar Sjah II Ternate siap dioperasikan

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023