Dengan selesainya proyek ini, PEP Jatibarang Field berhasil mencatatkan optimasi produksi hingga 800 barel minyak per hari
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - PT Pertamina EP Zona 7 (PEP Zona 7) melakukan peremajaan pipa bawah laut di beberapa tambang lepas pantai sebagai wujud komitmen menjalankan operasional hulu migas mumpuni didukung integritas aset yang handal.

General Manager PEP Zona 7 Afwan Daroni mengatakan pekerjaan penggantian pipa minyak utama XAP-OGT Balongan Jatibarang Field khususnya struktur X-Ray yang berada di perairan utara Laut Jawa telah berhasil diselesaikan.

"Alhamdulillah PEP Zona 7 dapat menyelesaikan proyek yang selama ini mengalami banyak tantangan terutama terkait dengan cuaca yang mengakibatkan penundaan demi keselamatan semua pihak," kata Afwan di Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Ia menjelaskan penggantian pipa sepanjang enam kilometer ini melalui tahapan serta perencanaan matang dengan waktu pengerjaan selama lima bulan di luar tahapan teknis.

"Dengan selesainya proyek ini, PEP Jatibarang Field berhasil mencatatkan optimasi produksi hingga 800 barel minyak per hari," katanya.

Dirinya mengaku kontribusi X-Ray sebagai salah satu tambang lepas pantai yang dikelola PEP Zona 7 di area Jawa Bagian Barat cukup signifikan dalam menambah produksi dengan total produksi 11.837 barel minyak per hari atau BOPD dan produksi gas mencapai 232,68 MMSCFD.

Dia mengungkapkan penyelesaian proyek ini merupakan salah satu capaian dalam menjaga keberlangsungan operasi migas sekaligus meningkatkan kehandalan operasi dalam proses pengiriman minyak dari anjungan lepas pantai ke darat yakni di Terminal Balongan, Kabupaten Indramayu.

"Capaian ini didukung oleh Pemerintah Daerah Indramayu dan sinergi dengan afiliasi Pertamina yakni Elnusa sebagai pelaksana kerja," ucapnya.

Afwan berharap produksi dari struktur X-Ray dapat terus meningkat dan menambah kontribusi produksi Pertamina EP selain melalui strategi lain yakni pengembangan struktur XMB pada tahun 2029 dengan target produksi sekitar 3.000 BOPD.

Ia juga menyatakan pekerjaan peremajaan pipa tengah dilakukan di wilayah kerja lepas pantai lain di bawah Regional Jawa Subholding Upstream oleh PHE OSES di fasilitas perairan Lampung Timur dan Kepulauan Seribu sepanjang 50,6 kilometer mulai Bulan Agustus 2023 lalu.

PT Pertamina EP Zona 7 memiliki tiga lapangan operasional mencakup Field Jatibarang, Field Subang, dan Field Tambun dengan tujuh area kerja antara lain Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, Karawang, Subang, dan Kabupaten Bekasi.


Baca juga: Pertamina kembali lakukan pengeboran sumur eksplorasi di Muaro Jambi
Baca juga: Pertamina EP catat kinerja positif produksi migas

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023