Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video YouTube menarasikan bahwa ekonom yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli dijerat pidana 10 tahun penjara akibat ujaran kebencian pada September 2023. 

Dalam video tersebut terdapat juga video Rizal Ramli mengenakan baju garis-garis bersama Amien Rais yang mengenakan baju batik sedang duduk di sofa. Terdapat juga video Jokowi sedang berpidato mengenakan baju adat saat Hari Lahir Pancasila kemarin.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Geg3r Pagi Ini -- R1zal R4mli Dij£R4t 10 Thn P3nj4ra Akibat C4ci M4ki Jokowi”

Namun, benarkah Rizal Ramli dijerat 10 tahun penjara karena mencaci maki Presiden Jokowi?

 

Unggahan video disinformasi yang menarasikan Rizal Ramli dijerat 10 tahun penjara karena caci maki Presiden Jokowi. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan judul. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tidak ditemukan informasi yang menjelaskan Rizal Ramli dijerat 10 tahun penjara karena caci maki Jokowi. 

Potongan video tersebut serupa dengan unggahan Warta Kota Production yang berjudul “[FULL] Pernyataan Amien Rais dan Rizal Ramli Usai Bertemu, Kritik Pemerintahan Jokowi?”. Dalam video tersebut, Rizal Ramli bersama dengan Amien Rais saat menggelar pertemuan di Kediaman Rizal Ramli di Kawasan Kemang, Jakarta, Minggu (13/8/2023). Keduanya bertemu untuk silaturahmi sekaligus menyampaikan kritik terhadap pemerintahan Jokowi.

Selain itu, narator hanya membacakan unggahan berita Rmol yang berjudul “Rizal Ramli: Hati Jokowi Oligarki, Bikin Rakyat Semakin Miskin” dan Tribun Batam yang berjudul “Rizal Ramli Blak Blakan Soal Kursi Menteri di Presiden Jokowi”. Dalam kedua berita tersebut, tidak ada yang menarasikan Rizal Ramli dijerat 10 tahun penjara karena mencaci maki Jokowi.

Klaim: Caci maki Jokowi, Rizal Ramli dijerat 10 tahun penjara

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Presiden Jokowi angkat Lilly Wenda jadi anak? Simak faktanya

Cek fakta: Hoaks! Foto Jokowi temui Anies dan tawarkan Gibran jadi bakal cawapres

Baca juga: Pengamat sebut Rizal Ramli layak dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023