Saat ini total SDM ASDP berjumlah 6.000 orang yang tersebar di Kantor Pusat dan 27 Kantor Cabang di seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus menciptakan sumber daya manusia (SDM) perusahaan untuk terus berkembang menjadi insan profesional dan berkualitas dalam menghadirkan layanan prima kepada pengguna jasa.

"Saat ini total SDM ASDP berjumlah 6.000 orang yang tersebar di Kantor Pusat dan 27 Kantor Cabang di seluruh Indonesia," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Salah satu SDM yang menjadi tumpuan harapan dalam menghadirkan layanan prima di antaranya pramugari dan pramugara kapal ekspress yang saat ini bertugas di lintas Merak-Bakauheni.

Shelvy mengungkapkan peran pramugari dan pramugara sangatlah besar, sebagai salah satu front liner di atas kapal, yang berada sangat dekat dengan penumpang.

Mereka bertugas menjaga kenyamanan dan ketertiban penumpang selama pelayaran, menyambut kedatangan penumpang, dan selalu siap siaga jika penumpang membutuhkan bantuan.

Baca juga: ASDP dan KAI kolaborasi integrasikan layanan angkutan barang multimoda

Baca juga: Penyeberangan ke Pulau Aceh pakai kapal kayu karena KMP Papuyu docking


"Pramugari dan pramugara di kapal ASDP sudah teruji dan memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai kapal dan pelayaran. Dengan begitu, mereka dapat memberikan informasi dan arahan sesuai yang penumpang inginkan," tutur Shelvy.

Adapun standar pelayanan kepada pelanggan yang wajib diterapkan pramugari dan pramugara adalah penerapan 5S yakni Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun.

Kemudian, mereka harus berpenampilan rapi, bersih dan wangi, mempunyai perilaku yang baik, berwawasan yang luas, senang bersosialisasi dan mempunyai kemampuan berbicara di depan publik yang baik.

Hal ini sebagai bentuk komitmen ASDP untuk memastikan bahwa pengguna jasa mendapatkan pelayanan yang optimal.

Saat ini, total pramugari dan pramugara yang bertugas melayani 4 unit kapal ekspress di Merak-Bakeuheni berjumlah 28 orang, yang terbagi menjadi 4 tim yakni A, B, C dan D, dengan setiap tim berjumlah 7 orang. Tim A bertugas di KMP Legundi, Tim B di KMP Batumandi, Tim C di KMP Sebuku, dan Tim D di KMP Jatra III.

"Setiap tim dapat di-rolling di kapal mana saja, apabila ada kapal yang sedang anchor dan ada kapal yang masuk menggantikan kapal yang anchor tersebut," katanya.

Peran dan eksistensi petugas front liner pramugari maupun pramugara menjadi fokus ASDP dalam mewujudkan game changer terkait People and Culture. Hal ini menekankan bahwa manajemen ASDP mampu memberikan pelayanan maksimal dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Tentunya, aspek utama pelayanan ASDP tetap memprioritaskan aspek keselamatan, yang kemudian diikuti dengan keamanan dan kenyamanan dari seluruh pengguna jasa atau masyarakat yang mengakses layanan ASDP.

Baca juga: ASDP tanam 1.000 bibit pohon mangrove di Jepara

Baca juga: ASDP apresiasi Pemkab Situbondo buka penyeberangan rute Jangkar-Lembar

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023