Bisa kita lihat bagaimana produk-produk yang membanggakan telah menghiasi Apresiasi Kreasi Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pelaksanaan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) menjadi ajang untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta percepatan ekonomi.

"Hal ini harus menjadi momentum guna meningkatkan UMKM naik kelas serta sebagai upaya percepatan ekonomi lewat AKI," ujar Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Sandiaga juga mengatakan bahwa tema besar dari salah satu program unggulan Kemenparekraf adalah kolaborasi, melalui kolaborasi diharapkan dapat menghasilkan prestasi.

Selama pelaksanaan AKI, lanjut dia, mulai dari bootcamp hingga pameran di masing-masing kota, dirinya mendorong agar kolaborasi ini dapat terus diperkuat. Tidak hanya bagi pelaku kreatif, tapi juga antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta swasta dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Apresiasi Kreasi Indonesia telah melewati perjalanan selama enam bulan terakhir di 16 kabupaten/kota dari 6 pulau di Indonesia. Bisa kita lihat bagaimana produk-produk yang membanggakan telah menghiasi Apresiasi Kreasi Indonesia. Total 7.000 lebih pelaku ekraf sudah berpartisipasi, ada 428 jenama dan 28 yang terbaik.

Menparekraf mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat karena penyelenggaraan puncak AKI 2023 telah melebihi target yang diproyeksikan. Nilai transaksi para UMKM telah mencapai Rp400 juta dan diperkirakan masih akan bertambah.

"Dan tiga peserta dari subsektor film mendapatkan kerja sama dengan platform OTT bioskop daring Indonesia untuk karya filmnya," ujar Sandiaga.

Dalam acara ini peserta dari program inkubasi dan desa kreatif juga dihadirkan Kemenparekraf untuk mempromosikan produk-produk mereka.

Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik, yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Baca juga: Dekranas buka peluang UMKM tingkatkan daya saing di pasar global
Baca juga: Melangkah bersama UMKM untuk menyukseskan hilirisasi


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023