Pak Agustiar berharap bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Beliau tetap memantau. Jika diperlukan maka koordinasi akan tetap dilakukan dengan pemerintah daerah untuk kembali memasok air bersih
Sampit (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Agustiar Sabran membantu pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak kekeringan di  wilayah selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng). 

"Pak Agustiar turut merasa prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat di selatan saat ini. Makanya beliau juga memberikan bantuan berupa air bersih untuk membantu masyarakat," kata Endra Rosana mewakili Agustiar Sabran dalam penyaluran bantuan air bersih, di Sampit, Senin.

Endra menjelaskan bantuan air bersih dipasok menggunakan mobil tangki ke desa-desa yang membutuhkan. Air disalurkan ke tempat penampungan yang sudah disiapkan warga.

Dia menyebut ada puluhan titik yang sudah disinggahi tim untuk menyalurkan air bersih, diantaranya di Desa Handil Sohor bawah, Desa Samuda Besar bawah, Desa Sungai Ijum (Palingkau), Desa Basawang bawah, dan Desa Reggei Lestari bawah.

Baca juga: Pemkab Kotawaringin Timur segera pasok air bersih ke lokasi kekeringan

Menurutnya, inisiatif ikut membantu memasok air bersih ini setelah Agustiar Sabran mengetahui di wilayah selatan Kotawaringin Timur sedang dilanda krisis air bersih.

Sebagai legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng, Agustiar Sabran, terus memantau kondisi di daerah yang diwakilinya ini, tidak terkecuali di Kotawaringin Timur. Untuk itu dia langsung membantu memasok air bersih ini meski saat ini dia tidak bisa hadir karena sedang menjalankan tugas di Jakarta.

"Pak Agustiar berharap bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Beliau tetap memantau. Jika diperlukan maka koordinasi akan tetap dilakukan dengan pemerintah daerah untuk kembali memasok air bersih," kata Endra.

Kesulitan air bersih di daerah tersebut ini terjadi karena sumber air seperti sumur dan danau mengering akibat kemarau, sedangkan air sungai menjadi payau atau asin akibat intrusi air laut yang masuk ke alur sungai.

Baca juga: Pemkab Kotim pasok air bersih bantu masyarakat terdampak kekeringan
Baca juga: Pemkab tetapkan status tanggap darurat karhutla Kotawaringin Timur

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Norjani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023