Kita lihat data-datanya di dunia negara-negara yang belanja kesehatannya per kapita rendah, tapi rata-rata usia hidupnya tinggi seperti Jepang dan Singapura, programnya menjaga rakyatnya tetap sehat, bukan mengobati
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak para kaum ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk bersama-sama menyehatkan masyarakat.
 
"Mimpi saya tidak hanya sampai 300 ribu posyandu yang kita revitalisasi, tetapi saya mau turunkan ke 50 juta keluarga di Indonesia, tidak hanya kadernya, tapi juga ibu di seluruh Indonesia (untuk menjaga kesehatan)," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.
 
Menkes Budi mengatakan penting untuk menjaga kesehatan demi kemajuan bangsa, yang dimulai dari lingkungan terkecil keluarga, dengan cara fokus menjaga diri tetap sehat, bukan mengobati yang sakit, karena ini sangat penting untuk menciptakan manusia produktif.

Baca juga: Kemenkes bicara peran kader posyandu beri edukasi hidup sehat
 
Upaya tersebut dipertegas dengan diterbitkannya nota kesepahaman (MoU) antara Menkes dengan Ketua Umum TP PKK tentang Penguatan Upaya Kesehatan melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dan Sinergitas Pos Pelayanan Terpadu yang ditandatangani kedua belah pihak dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK di Jakarta, Senin (11/9).
 
Ruang lingkup nota kesepahaman memuat sepuluh poin kesepakatan, mulai dari penguatan upaya kesehatan masyarakat, penguatan kapasitas sumber daya manusia dalam mendukung program kesehatan, penguatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, dan penguatan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit.

Selain itu penataan, pemberdayaan dan pendayagunaan posyandu, pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, penguatan ketahanan keluarga, kesehatan keluarga dan lingkungan, serta pertukaran data dan informasi.

Baca juga: Kemenkes kembangkan program cek kesehatan berkala ke tingkat Posyandu
 
"Kita lihat data-datanya di dunia negara-negara yang belanja kesehatannya per kapita rendah, tapi rata-rata usia hidupnya tinggi seperti Jepang dan Singapura, programnya menjaga rakyatnya tetap sehat, bukan mengobati," ujar Menkes Budi.
 
Kaum Ibu, kata Menkes Budi, memegang peranan utama dan garda terdepan dalam memastikan upaya ini bisa berjalan, mulai dari pencegahan stunting hingga skrining kesehatan.
 
Menkes juga mengajak para ibu PKK yang hadir untuk menjaga keluarga serta masyarakat menjaga kesehatan agar dapat mewarisi negara dan menjadikan Indonesia maju.
 
"Kita butuh ibu-ibu yang ada di sini untuk bisa menyehatkan keluarganya, menyehatkan masyarakatnya, agar kita bisa memastikan nanti di tahun 2030, kita bisa mewarisi anak-anak kita, cucu cucu kita, yang nanti akan melanjutkan hidup mereka akan bangga Indonesia menjadi negara maju," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: PKK ajak perempuan terapkan hidup sehat untuk hindari kanker serviks
Baca juga: PKK DKI gelar gerakan Sejuta Tanaman Sehat untuk penuhi kebutuhan gizi

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023