Praha (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Ceko pada Senin (11/9) menganjurkan vaksinasi COVID-19 di musim gugur ini, terutama bagi mereka yang berisiko lebih tinggi tertular penyakit tersebut.

Meskipun situasi epidemiologi di Republik Ceko saat ini stabil dan tidak ada kenaikan signifikan pada jumlah orang yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19, jumlah orang yang terinfeksi virus tersebut menunjukkan peningkatan.

Jumlah kasus COVID-19 di Republik Ceko terus meningkat sejak Agustus, dan hampir 900 orang di negara itu positif terinfeksi dalam sepekan terakhir.
 
   Seorang perawat memberikan dosis vaksin COVID-19 kepada seorang pria di Praha, Republik Ceko, pada 18 Juli 2022. (Xinhua/Dana Kesnerova)

"Sebelum musim infeksi saluran pernapasan, kementerian menekankan bahwa alat pencegahan utama adalah vaksinasi dan ... etika batuk atau respiratory hygiene. Vaksinasi dianjurkan terutama bagi kelompok rentan, seperti warga lanjut usia atau penderita penyakit kronis," kata Kementerian Kesehatan Republik Ceko

Kementerian itu mengatakan bahwa vaksin yang telah disesuaikan dengan varian terbaru COVID-19 telah tiba di Republik Ceko pekan ini, dan akan diberikan secara gratis.

"Saya ingin mengimbau semua orang agar mendapatkan vaksinasi karena vaksinasi adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari penyakit serius dan menjaga angka COVID-19 tetap rendah pada musim ini," kata Menteri Kesehatan Republik Ceko Vlastimil Valek.
 
Seorang pria turun dari trem di sebuah stasiun di Praha, Republik Ceko, pada 8 Juli 2022. (Xinhua/Deng Yaomin)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023