Beijing (ANTARA) - Wahana antariksa kargo China Tianzhou-5 kembali memasuki atmosfer Bumi dengan terkendali pada Selasa (12/9) pukul 09.13 Waktu Beijing (08.13 WIB), demikian diumumkan Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Sebagian besar komponen wahana antariksa tersebut terbakar saat proses masuk kembali ke Bumi, dan sejumlah kecil puingnya jatuh ke perairan aman yang telah direncanakan di Pasifik Selatan.

Tianzhou-5 memisahkan diri dari kombinasi stasiun luar angkasa Tiangong yang mengorbit pada Senin (11/9) pukul 16.46 waktu setempat dan beralih ke penerbangan independen.

Diluncurkan pada 12 November 2022 dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Provinsi Hainan, pulau di China selatan, Tianzhou-5 memuat propelan, bahan-bahan untuk eksperimen ilmiah, dan bekal bagi para taikonaut.
 
Roket Long March-7 Y6, yang membawa pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou-5, meluncur dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, Tiongkok selatan, pada 12 November 2022.(Xinhua/Guo Cheng)   


Menurut CMSA, banyak proyek aplikasi yang diusung ke luar angkasa oleh Tianzhou-5 berjalan dengan lancar dan mencatatkan hasil yang bermanfaat. Salah satu di antaranya adalah Satelit Sains Pelajar Makau 1, yang disimpan di dalam wahana kargo itu sebelum dilepaskan ke orbit pada 18 Desember 2022.   Pengujian sel bahan bakar hidrogen-oksigen luar angkasa di orbit merupakan pencapaian eksperimental lainnya yang dicapai di atas Tianzhou-5, memberikan data dan dukungan teoretis untuk misi penjelajahan Bulan berawak China di masa mendatang.

Satelit itu beroperasi dengan stabil di orbit, dan berfungsi sebagai platform praktik ilmiah berbasis antariksa untuk para penggemar radio amatir di Wilayah Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau, kedua sisi dari Selat Taiwan, dan seluruh dunia. Satelit itu secara signifikan mendorong kerja sama dan pertukaran mendalam antara China Daratan dan Makau dalam hal memopulerkan ilmu pengetahuan dan pendidikan antariksa, urai badan tersebut.
 
 Gambar simulasi yang diambil di Pusat Kontrol Dirgantara Beijing pada 12 November 2022 menunjukkan pesawat luar angkasa kargo Tiongkok Tianzhou-5 melakukan pertemuan otomatis cepat dan berlabuh dengan kombinasi stasiun luar angkasa Tiangong.(Foto oleh Sun Fengxiao/Xinhua)  


Pengujian sel bahan bakar hidrogen-oksigen luar angkasa di orbit merupakan pencapaian eksperimental lainnya yang dicapai di atas Tianzhou-5, memberikan data dan dukungan teoretis untuk misi penjelajahan Bulan berawak China di masa mendatang

Sejumlah muatan utama lainnya mencakup peralatan pendeteksi partikel berenergi tinggi luar angkasa, yang merampungkan misi di luar wahana antariksa (extravehicular).

Saat ini, tiga batch proyek aplikasi telah diusung oleh Tianzhou ke luar angkasa. CMSA menyampaikan bahwa misi-misi antariksa berawak di masa mendatang akan terus membuka muatan wahana antariksanya untuk umum. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023