Jambi (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan pada musim kemarau ke desa-desa di Provinsi Jambi sebanyak 24 ribu liter.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Jambi, Selasa, kembali memberikan bantuan kepada masyarakat di wilayah Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

Baca juga: Tiga kabupaten di Jambi waspada kekeringan

"Polda Jambi konsisten untuk memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak musim kemarau, kemarin kami membantu warga Kota Jambi, hari ini kami kembali membantu warga yang berada di Desa Sebapo, Muaro Jambi," katanya.

Rusdi mengatakan warga di daerah Sebapo mengeluhkan kekeringan selama satu bulan terakhir ini, sumur-sumur warga telah tampak hingga ke dasarnya dan harus mengambil air di sungai yang letaknya cukup jauh dari tempat tinggal warga.

Sementara itu, Polri memiliki sumber daya berupa kendaraan taktis untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat, kegiatan ini akan dilanjutkan sampai kebutuhan air bersih warga terpenuhi.

Dalam penyaluran air bersih ini menggunakan empat kendaraan taktis dengan kapasitas air sebanyak 24.000 liter dengan tujuan rumah warga dan tempat ibadah yang kekurangan air.

Baca juga: Ribuan hektare sawah di Jambi terancam kekeringan

Baca juga: Delapan desa di Provinsi Jambi dilanda kekeringan


Warga Desa Sebapo, Badriah mengatakan bahwa di daerahnya sudah sebulan kekeringan air bersih, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk rumah tangga.

Sementara itu Camat Mestong, Muaro Jambi Herminsyah mengatakan terdapat 13 desa di kecamatan tersebut yang kekurangan air. Bantuan air bersih ini, menurutnya, membantu masyarakat di kecamatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih.

Pewarta: Tuyani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023