Manado (ANTARA) - Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara meraih sebanyak 15 penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw meraih penghargaan untuk kategori Penerapan Data Sistem Informasi dan CAT, Penerapan Manajemen Kinerja dan Pengembangan Kompetensi.

"Penghargaan ini merupakan hasil dari tekad dan komitmen serta sikap kita yang selama ini menerapkan aturan di atas segala-galanya, termasuk dalam manajemen kepegawaian," kata Wagub Steven Kandouw, usai menerima penghargaan dalam Rapat Forum Kepegawaian se-Provinsi Sulut di Manado, Selasa.

Menurut dia, manajemen kepegawaian sangat penting karena dengan mengedepankan sistem merit pasti akan berbanding lurus dengan 'output' dan 'outcome'.

Pemerintah daerah, kata dia, memberikan apresiasi kepada BKN yang selama ini telah menjaga dan membantu pelayanan kepada masyarakat.

Ketua DPRD Sulut periode 2014-2015 tersebut menegaskan, dalam peta jalan Gubernur Olly Dondokambey semua harus mengikuti aturan sehingga bersamaan dengan itu kepala daerah di kabupaten/kota didorong untuk menerapkannya.

"Di Sulut sudah 100 persen, tidak lagi ada yang melaksanakan malpraktik kepegawaian. Kabupaten/kota juga kita endorse agar mengikuti apa yang kita lakukan di provinsi," katanya menegaskan.

Sementara itu, Sekretaris Utama BKN RI Imas Sukmariah mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada instansi yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan penyelenggaraan dan pembinaan manajemen Aparatur Sipil Negara.

"Tujuan dari penghargaan ini untuk memotivasi dan menumbuhkan semangat kepada pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini gubernur dan bupati/wali kota dalam pembinaan dan penyelenggaraan manajemen ASN sehingga pengelolaan kepegawaian ASN di Provinsi Sulut sesuai dengan sistem merit, kualifikasi, kompetensi kinerja," ujarnya.

Daerah yang ikut mendapatkan penghargaan selain Pemprov Sulut yaitu Pemkot Manado, Pemkot Bitung, Pemkot Tomohon, Pemkab Minahasa Selatan, Pemkab Minahasa, Pemkab Minahasa Tenggara, Pemkab Bolaang Mongondow, Pemkab Bolaang Mongondow Utara, Pemkab Kepulauan Sangihe dan Pemkab Minahasa Utara.
Baca juga: Pemprov Kaltara raih tiga penghargaan manajemen ASN dari BKN
Baca juga: Kemensos raih empat penghargaan terkait manajemen dan layanan ASN
Baca juga: Kota Madiun raih tiga penghargaan di ajang BKN Award 2023
Baca juga: Kunjungi BKN, Wakil Kepala BPIP Bahas Pembinaan Kepegawaian

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023