Beijing (ANTARA) - China pada Selasa (12/9) mengumumkan kontingen yang terdiri dari 1.329 anggota, termasuk 886 atlet, yang akan berpartisipasi dalam ajang Asian Games Hangzhou mendatang.

Asian Games ke-19 akan digelar di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China timur, mulai 23 September hingga 8 Oktober. Dalam ajang tersebut, 437 atlet putri dan 449 atlet putra China akan bertanding dalam 407 nomor dari 38 cabang olahraga.

Di antara para atlet China dengan rata-rata usia 25 tahun itu, 36 atlet diantaranya adalah juara Olimpiade.

"Saya berharap masyarakat dari seluruh dunia dapat bergabung bersama kami untuk menikmati budaya China di Hangzhou. Para pesenam China sedang bersiap untuk unjuk gigi di panggung Asian Games," kata Zou Jingyuan, juara Olimpiade yang meraih dua medali emas di Universiade Chengdu pada Agustus.

"Tim kami telah berpartisipasi di banyak ajang internasional tahun ini untuk mempersiapkan diri menghadapi Asian Games. Kami telah berlatih keras dan yakin dapat mencapai yang terbaik di Hangzhou," kata Bao Shanju, atlet China yang meraih medali emas di nomor sprint beregu putri balap sepeda trek di Olimpiade Tokyo pada 2021.

Bagi mantan juara Olimpiade Lei Sheng, Asian Games Hangzhou menjadi kali kedua dirinya berpartisipasi dalam ajang Asian Games sebagai pelatih anggar, setelah berkompetisi di tiga edisi Asian Games sebelumnya.

"Pola pikirnya berbeda sebagai seorang pelatih. Saya harus berusaha sebaik mungkin untuk membantu para atlet meningkatkan kemampuan dan kinerja mereka di ajang internasional," jelas Lei. "Asian Games adalah peluang yang sangat bagus bagi mereka untuk belajar dari atlet-atlet dari berbagai negara dan kawasan lain serta mendapatkan pengalaman."

Dengan 630 atlet China yang akan melakukan debut di Asian Games Hangzhou, Lei mengatakan bahwa para atlet muda ini harus berani untuk menang. "Jangan hanya berfokus pada hasil, tetapi juga proses kompetisinya," ujarnya.

Gao Zhidan, Direktur Administrasi Umum Olahraga China, pada Selasa menyampaikan pidato di hadapan kontingen tersebut, mendorong para atlet untuk mencapai level baru di Asian Games Hangzhou dan Olimpiade Paris 2024.

"Seluruh tim harus melakukan upaya bersama untuk menunjukkan kekuatan olahraga China. Asian Games Hangzhou juga mewakili platform besar untuk pertukaran budaya antara negara dan kawasan di Asia menuju masa depan bersama," kata Gao.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023