Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalimantan Tengah, Komisaris Besar Polisi Erlan Munaji, membuka secara resmi kegiatan pelatihan peningkatan bidang kehumasan dan komunikasi digital bagi personel Polri bertempat di Aula Ditlantas, Markas Polda Kalimantan Tengah.

"Kegiatan ini mengusung tema "Kemampuan Komunikasi dan Interaksi Digital" dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, menjadi fokus utama dalam pelatihan tersebut," kata dia, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu.

Baca juga: KPK tegaskan terima politik uang adalah perilaku koruptif

Dalam sambutannya dia menyampaikan, bahwa peran humas dalam mengawal dan mengamankan tahapan pemilu sangatlah penting terutama dalam memberikan informasi yang akurat, transparan dan mendukung proses demokrasi yang berjalan lancar.

"Diharapkan dengan meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi digital ini, para peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam menjalankan fungsi kehumasan karena semua personel Polri mengemban fungsi kehumasan," ucapnya.

Baca juga: Bawaslu Karawang ingatkan para kades tidak terlibat kampanye Pemilu

Ia juga menuturkan, adapun materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi, ialah peran dan fungsi kehumasan dalam mengawal pemilu. Salah satunya dengan menciptakan iklim tahapan pemilu yang kondusif dan dinamis.

Dalam pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Kasubbid Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PID) Bidang Humas Polda Kalteng AKBP Ronny W Manusiwa, Kasubbagrenmin Satker dan personel Bidang Humas serta turut diikuti operator PPID Satker Polda setempat.

Baca juga: Bawaslu koordinasi dengan KPI terkait siaran Ganjar di azan TV

Sementara itu, narasumber dari anggota KPUD Palangka Raya, Trasmianto, menyampaikan tentang strategi penanganan hoaks pada pemilu. Salah satunya dengan memahami kontestasi politik dalam pemilu sebagai sarana integrasi bangsa untuk memelihara kedaulatan rakyat.

Kemudian, dari perwakilan PWI Kalimantan Tengah, Seventin Gustapatmi, menyampaikan tentang jurnalistik, peran media dalam menangkal hoaks dan sanksi media, guna mendukung terciptanya Kamtibmas yang tetap kondusif.

Baca juga: Pemkot Jaktim minta ormas jaga kondusivitas jelang Pemilu 2024

Sebagai informasi, kegiatan ini ditutup oleh Kabid Humas Polda Kalteng dan menekankan kepada operator PID satker, agar bisa selalu responsif setiap saat, serta menaikan berita positif untuk mengcounter berita yang tidak sesuai atau hoax.

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023