Jakarta (ANTARA) - Komisi II DPR RI menyetujui pagu anggaran definitif Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebesar Rp466,6 miliar pada tahun 2024.

"Pagu alokasi anggaran Kemenpan RB tahun 2024 sebesar Rp466,6 miliar, termasuk anggaran aparatur sipil negara (KASN) sebesar Rp88,133 miliar," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang dalam Rapat Kerja Bersama Menteri PANRB di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Junimart menjelaskan anggaran itu terdiri atas pagu awal sebesar Rp463,38 miliar dan penambahan anggaran hasil pembahasan di Badan Anggaran DPR RI sebesar Rp3,25 miliar.

Baca juga: Komisi VII setujui pagu anggaran 2024 Kemenperin jadi Rp3,78 triliun
Baca juga: Pagu anggaran Kementerian Investasi T/A 2024 disetujui Rp1,2 triliun


Anggaran itu dialokasikan untuk program dukungan manajemen sebesar Rp268,77 miliar dan program kebijakan, pembinaan profesi, dan tata kelola aparatur sipil negara (ASN) sebesar Rp197,87 miliar.

Selain itu, Komisi II menyetujui usulan tambahan anggaran Kemenpan RB ebesar Rp87,2 miliar dan meminta Kepala Banggar DPR RI untuk menambahkan ke dalam pagu alokasi anggaran/pagu definitif tahun 2024 melalui pembahasan di Badan Anggaran DPR RI.

Sementara itu, Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan arah kebijakan transformasi birokrasi tahun 2024 diarahkan untuk reformasi birokrasi berdampak melalui transformasi tata kelola pemerintahan.

Azwar menjabarkan hal itu dilakukan dengan reformasi birokrasi (RB) kemiskinan, RB peningkatan investasi, RB percepatan prioritas aktual presiden, dan RB digitalisasi pemerintahan.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023