Beijing (ANTARA) - China mempercepat pembangunan proyek hunian sewa yang disubsidi pemerintah sejak awal tahun ini guna mengatasi kesulitan mendapatkan hunian bagi warga baru dan kaum muda, demikian departemen perumahan utama negara itu menyatakan pada Rabu (13/9).

Menurut Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Pedesaan China, total 72 persen dari 2,04 juta unit hunian sewa subsidi pemerintah yang diusulkan pada 2023 telah dibangun di seluruh China.

Dalam dua tahun terakhir, China telah membangun sekitar 5,08 juta unit hunian tersebut, dengan total investasi senilai lebih dari 520 miliar yuan atau sekitar 72,33 miliar dolar AS.

Pihak kementerian mengatakan bahwa langkah ini dapat mengatasi kesulitan mendapatkan hunian bagi hampir 15 juta warga baru dan kaum muda.

Ke depannya, China akan mengambil berbagai langkah untuk memperluas pasokan hunian semacam ini, termasuk mendorong pemerintah daerah untuk membangun hunian sewa terjangkau di kawasan industri serta di sekitar stasiun-stasiun transit, tutur kementerian tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023