Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping melangsungkan pertemuan dengan timpalan asal Venezuela Nicolás Maduro Moros yang mengunjungi China di Great Hall of the People.

"Pembentukan kemitraan strategis segala situasi antara China dan Venezuela memenuhi harapan bersama kedua bangsa dan sesuai dengan tren umum perkembangan sejarah," kata Xi pada Rabu.

Xi menyerukan kedua pihak untuk mendorong hubungan kerja sama strategis China-Venezuela yang lebih bermanfaat, membawa lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa dan menyuntikkan lebih banyak energi positif bagi perdamaian dan pembangunan dunia.

Presiden China berbicara tentang reformasi dan keterbukaan China, terutama pengembangan zona ekonomi khusus, menyebut bahwa reformasi dan keterbukaan adalah instrumen penting bagi China untuk mengikuti perkembangan zaman dengan kemajuan besar dan menjadi langkah krusial dalam menjadikan China seperti saat ini.

"China menghargai pengalaman berharga yang diperoleh dalam proses ini dan akan terus mendorong reformasi dan keterbukaan. Tidak ada kekuatan yang dapat menghentikan perkembangan dan kemajuan China," tegas Xi.

Xi mengatakan China siap bekerja sama dengan Venezuela untuk saling mendukung satu sama lain dalam mengeksplorasi jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasional mereka serta memperkuat pertukaran Partai dan pemerintahan nasional.

Lebih lanjut dirinya mengatakan China mendukung Venezuela dalam mendirikan kawasan ekonomi khusus dan akan berbagi pengalaman terkait untuk membantu pembangunan nasionalnya.

Sementara itu, Maduro mengatakan pembangunan nasional Venezuela dan hubungan Venezuela-China berada pada tahap yang signifikan.

Menurut Maduro, pembentukan kemitraan strategis segala situasi merupakan hal yang bersejarah dan pasti akan mengantarkan ke era baru hubungan bilateral.

Dia mengatakan Venezuela bersedia belajar dari pengalaman China dalam membangun kawasan ekonomi khusus dan memperdalam kerja sama praktis di bidang pertanian, investasi, pendidikan, dan pariwisata.

Lebih lanjut dikatakan Maduro, Venezuela mendukung pembangunan bersama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra. Pihak Venezuela juga mendukung Inisiatif Pembangunan Global, Inisiatif Keamanan Global, dan Inisiatif Peradaban Global yang diusulkan oleh Xi.

Venezuela siap memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan China dalam kerangka multilateral seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan mekanisme BRICS, menjaga multilateralisme dan kepentingan sah negara-negara berkembang, serta mendorong pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi kemanusiaan, demikian disampaikan Maduro.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023