Khususnya Desa Bengkala yang merupakan 'pilot project' implementasi GM EKI di Provinsi Bali telah memasuki masa inkubasi. Pada tahap ini akan dilaksanakan edukasi tematik baik keuangan dan non-keuangan, salah satunya program penguatan dan pemberdayaa
Denpasar (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara menjadikan Desa Bengkala di Kabupaten Buleleng, Bali, sebagai percontohan program Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (GM EKI).

Kepala OJK Regional 8 Bali Nusra Kristrianti Puji Rahayu di Denpasar, Kamis, mengatakan program GM EKI itu sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya di wilayah perdesaan sekaligus mendorong perekonomian daerah.

Pendampingan OJK melalui program GM EKI dibagi tiga yaitu pra-inklubasi, inkubasi dan pasca-inkubasi.

Kristrianti menambahkan, pelaksanaan kegiatan GM EKI ini berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

"Khususnya Desa Bengkala yang merupakan 'pilot project' implementasi GM EKI di Provinsi Bali telah memasuki masa inkubasi. Pada tahap ini akan dilaksanakan edukasi tematik baik keuangan dan non-keuangan, salah satunya program penguatan dan pemberdayaan BUMDes," ujarnya.

Melalui program tersebut diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah desa dan BUMDes dalam membantu pemberdayaan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM yang pengembangan serta penyaluran produknya dibantu oleh BUMDes Valli Karya Lestari.

Sebagai tindak lanjut program GM EKI itu, belum lama ini telah dilaksanakan workshop penguatan dan pengembangan usaha BUMDes Valli Karya Lestari dan sosialisasi perizinan lembaga keuangan mikro (LKM).

Dalam kegiatan yang sama, OJK Bali Nusra juga melakukan sosialisasi tentang kelembagaan dan perizinan lembaga keuangan mikro (LKM) kepada pengurus BUMDes serta pendampingan kepada UMKM kelompok ekonomi masyarakat (KEM) Kolok (tuna wicara).

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng Dewa Made Sudiarta mengapresiasi peran OJK dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk dan layanan jasa keuangan serta terus mendorong "business matching" antara PUJK dengan pelaku UMKM.

Diharapkan kerja sama dan kolaborasi ini dapat berkesinambungan dalam memberdayakan BUMDes untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buleleng, khususnya di Desa Bengkala.

Baca juga: OJK: Penyaluran kredit perbankan di Bali capai Rp101,39 triliun

Baca juga: OJK: Bank perlu awasi rekening nasabah untuk cegah judi online

Baca juga: OJK dan FKLJK Bali edukasi literasi keuangan lewat Pekenan Galungan

 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023