Tadi kita cek semuanya baik, hanya satu (yaitu) beras yang (harganya) belum turun.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Johar, Karawang, Jawa Barat, Kamis.

Berdasarkan pantauan secara langsung, Presiden Jokowi mengatakan harga pangan di pasar tersebut stabil.

Bahkan, kata Jokowi, harga telur di pasaran yang biasanya di atas Rp30.000, sekarang turun menjadi Rp26.000 per kilogram.

"Tadi kita cek semuanya baik, hanya satu (yaitu) beras yang (harganya) belum turun," kata Presiden Jokowi kepada wartawan, usai meninjau Gudang Bulog Purwosari, Jawa Barat.

Untuk mengendalikan kenaikan harga beras yang dipicu penurunan produksi akibat fenomena El Nino, Presiden telah menginstruksikan Bulog untuk melakukan operasi pasar.

Operasi pasar tersebut juga harus dilakukan di semua tempat, mulai dari retail hingga grosir.

"Saya sudah perintahkan kepada Kepala Bulog untuk mengoperasi pasar tidak hanya di ritel, tidak hanya di grosir Cipinang, tetapi semuanya. Minta (harga) berapa pun beri, tetapi harus bayar," ujar Presiden.

Halid Hamzah, salah seorang pedagang beras di Pasar Johar, juga mengatakan bahwa saat ini harga beras sedang naik. Menurut Halid, harga beras rata-rata mengalami kenaikan hingga Rp2.000 per kilogram.

"Kenaikannya itu per kilogram rata-rata hampir Rp2.000 sih, yang mulanya paling murah itu Rp10.000 ke Rp12.000 per kilogram. Ada kenaikan Rp2.000 ribu per kilogram," kata Halid pula.
Baca juga: Ratusan warga Cilegon antusias sambut Jokowi di Pasar Keranggot
Baca juga: Warga Cilegon antusias dapat paket sembako dari Presiden Jokowi


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023