"Kunjungan Parlemen Remaja ke Polresta Bogor Kota kemarin dalam rangka berdialog tentang masalah hukum untuk simulasi pembentukan UU KUHP,"
Kota Bogor (ANTARA) - Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat menerima 45 orang dari 134 orang anggota Parlemen Remaja 2023 dalam simulasi kunjungan kerja untuk mengumpulkan data dan membuka dialog terbuka untuk mendukung simulasi pembentukan UU KUHP.

"Kunjungan Parlemen Remaja ke Polresta Bogor Kota kemarin dalam rangka berdialog tentang masalah hukum untuk simulasi pembentukan UU KUHP," kata Kabag Sumda Kompol Wijayanti di Kota Bogor, Kamis.

Wijayanti menyampaikan banyak manfaat yang didapat oleh peserta Parlemen Remaja simulasi kunjungan kerja ke Polresta Bogor Kota. Mereka banyak mendapat pengetahuan banyak hal mengenai kegiatan persidangan dan simulasi persidangan anggota dewan.

Dia menyebutkan, dalam simulasi kunjungan kerja tersebut para peserta Parlemen Remaja yang terdiri dari siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) sederajat dari seluruh Indonesia yang berjumlah 45 orang dan didampingi oleh bagian Humas DPR RI berjumlah 10 orang yang di pimpin oleh ketua rombongan Mu'amil Rokhili.

Parlemen Remaja merupakan salah satu program tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal DPR RI terkait edukasi mengenai demokrasi dan keparlemenan.

Selain pembekalan materi, kata Kompol Wijayanti, mereka juga mendapatkan pengalaman sebagai anggota DPR RI ketika melaksanakan kunjungan kerja dan bersidang untuk mengambil keputusan dalam sebuah UU.

Parlemen Remaja 2023 adalah Remaja kenal hukum, yang taat aturan masyarakat yang melaksanakan simulasi pengambilan keputusan pada proses pembahasan mengenai Pasal 218 Ayat 1 atau Pasal 256 UU No 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Dalam giat simulasi kunjungan kerja, anggota Parlemen Remaja (parja) 2023 ini mengunjungi tiga lembaga penegak hukum yang berkaitan dalam simulasi implementasi UU KUHP dengan dibagi menjadi tiga tim.

Kepolisian Resor Kota Bogor, Kejaksaan Negeri Kota Bogor, dan Pengadilan Negeri Kota Bogor menjadi lembaga yang dikunjungi peserta untuk menghimpun aspirasi dan menggali informasi sebagai bahan pertimbangan dalam Simulasi rapat kerja dan simulasi rapat paripurna yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2023.

Aktivitas simulasi Kunjungan kerja di Polresta Bogor Kota melaksanakan diskusi terkait pasal kontroversial hukuman mati yang akan disampaikan oleh Pimpinan Kepolisian Resor Kota Bogor dan dipimpin oleh Elferda Wardoyo dari daerah pemilihan Jawa Tengah 4.

Sementara di Kejaksaan Negeri Bogor mendapatkan informasi terkait kesiapan bagaimana kesiapan menghadapi pemberlakuan KUHP baru yang akan dipimpin oleh Fajar Alamsyah Dapil Jawa Barat 4 dan di lokasi kunjungan kerja Pengadilan Negeri akan dipimpin oleh Ikhsan Wahyudi Dapil Sulawesi Selatan 2.

"Kegiatan simulasi kunjungan kerja ke tiga lembaga hukum ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan, data, dan menghimpun aspirasi Anggota Parlemen Remaja 2023 untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat selama program," kata dia.
 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023