selain melakukan aktivasi IKD pihaknya juga melalukan perekaman KTP usia 16 sampai 17 tahun
Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan layanan jemput bola terkait aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Jalan Manggarai Selatan RT 004/RW 010, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Kamis.
 
"Jemput bola layanan Dukcapil ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kelengkapan dan digitalisasi administrasi kependudukan (adminduk), " kata Kepala Sektor Dukcapil Kecamatan Tebet, Lydia Oktavia dalam keterangan tertulis, Kamis.
 
Lydia menjelaskan selain melakukan aktivasi IKD pihaknya juga melalukan perekaman KTP usia 16 sampai 17 tahun.
 
Lydia menambahkan dalam pemberian layanan Dukcapil yang dilakukan oleh tiga petugasnya, pihaknya berhasil melayani 115 warga, dengan rincian, dua warga melakukan rekam KTP usia 16 - 17 tahun, dan 113 warga lakukan aktivasi IKD pada gawai masing - masing.
 
"Kita juga terus imbau warga melalui pihak kelurahan maupun pengurus lingkungan, bagi yang belum melengkapi adminduk segera menyelesaikannya di kelurahan terdekat," katanya.
 
Sebelumnya Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri terus menyosialisasikan penggunaan IKD atau digital ID merupakan KTP berbasis digital kepada masyarakat.
 
IKD hadir dalam bentuk aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital yang bisa diunduh menggunakan perangkat seluler.
 
Pada Februari lalu, Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 25 persen dari 277 juta penduduk Indonesia menggunakan IKD pada tahun 2023. Target itu juga berlaku bagi Dinas Dukcapil di 514 kabupaten/ kota di Indonesia.
 
"Mari bertransformasi ke KTP digital. Target tahun ini 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital melalui handphone miliknya," tutur Zudan.
Baca juga: Dukcapil DKI bantu verifikasi dan validasi KK cegah kecurangan PPDB
Baca juga: Jakarta Barat siapkan dua petugas Dukcapil di Posko PPDB
Baca juga: Dukcapil Jaksel sebut bisa aktifkan kembali KTP asalkan ada penjaminan

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023