Ini ada beras yang sering diminta oleh restoran padang, ada juga sorgum dan ini helm limbah sawit, kami juga kembangkan kain dari limbah sawit
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satria memperkenalkan inovasi pangan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa cabai yang pedas, berbagai jenis padi, sorgum, pupuk, pengolahan limbah kelapa sawit menjadi helm dan kain serta berbagai teknologi pangan termasuk mobil untuk petani kelapa sawit hasil penelitian para peneliti di kampusnya.

Arif Satria memperkenalkan inovasi-inovasi pangan kepada Presiden Joko Widodo, Jumat, saat menyambut kedatangan presiden di gerai pameran inovasi di halaman Gedung Graha Widya Wisuda (GGW) IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk menghadiri acara Sidang terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

"Ini ada beras yang sering diminta oleh restoran padang, ada juga sorgum dan ini helm limbah sawit, kami juga kembangkan kain dari limbah sawit," kata Arif.

Rombongan Presiden Joko Widodo sampai ke GGW IPB Dramaga pada pukul 8.30 WIB langsung disambut oleh Rektor IPB dengan perkenalan berbagai inovasi.

Di depan gerai-gerai inovasi sebelum memasuki GGW, kepada Presiden Joko Widodo, Arif Satria menyampaikan bahwa inovasi IPB terus dilakukan untuk memenuhi pangan Indonesia ke depan agar mengurangi ketergantungan impor.

Varietas cabai merah yang pedas pun telah dihasilkan IPB untuk dikembangkan dan disebarkan kepada para petani.

IPB juga memiliki 10 varietas padi unggul yang siap memenuhi tantangan pangan beras berkualitas dari dalam negeri. Selain padi, sumber karbohidrat tanaman Sorgum juga dikembangkan untuk memperkaya ragam konsumsi pangan masyarakat Indonesia.

Inovasi-inovasi IPB tidak hanya fokus pada varietas pangan tetapi juga teknologi pangan meliputi alat-alat produksi pangan hingga mobil pengangkut hasil panen produksi pangan.

Kedatangan presiden juga disambut oleh jajaran Kabinet Indonesia Maju, jajaran pemerintah daerah dan ratusan mahasiswa.

Hadir dalam acara ini Menteri Sekretaris Negara (Mensegneg) Praktikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri UKM dan Koperasi Teten Masduki, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Jajaran pemerintah daerah, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdul Rachim, Bupati Bogor Iwan Setiawan. Kemudian ratusan mahasiswa, anggota himpunan alumni IPB dan tamu undangan lain.

Baca juga: Menkop UKM tangkap peluang hilirisasi dari alat pengolah limbah sawit
Baca juga: Pemkot Bogor gandeng IPB susun dokumen kajian risiko bencana


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023