Kendari (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Laut atau Lanal Kendari melaksanakan kegiatan gladi tugas tempur (glagaspur) pangkalan bersama Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Polda Sultra untuk meningkatkan kemampuan dan menguji keterampilan seluruh prajurit di Markas Komando (Mako) Lanal Kendari, Kota Kendari, Provinsi Sultra.

"Kegiatan ini merupakan pelaksanaan gladi tugas tempur atau glagaspur uji terampil pangkalan P1 dan P2, yang biasa kami sebut begitu di angkatan laut," kata Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari Jumat.

Ia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menguji keterampilan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Lanal Kendari dengan berbagai materi, seperti penanganan huru-hara, pertahanan pangkalan dan penanganan serangan teror.

"Kegiatan ini untuk menguji keterampilan profesionalisme TNI Angkatan Laut di Lanal Kendari," ujar Abdul Kadir.

Dalam pelaksanaan tersebut, pihaknya melibatkan personel Sat Brimob Polda Sultra dalam dan Tim Pemadam Kebakaran (Damkar).

"Tidak mungkin angkatan laut berdiri sendiri, sehingga perlu kolaborasi dengan satuan Polri, dalam hal ini tim Brimob, makanya tadi kita turunkan tim Gegana karena itu bagian dari simulasi," sebutnya.

Meski demikian, Danlanal Kendari itu menjelaskan bahwa untuk pertahanan pangkalan, TNI Angkatan Laut telah memilik standar operasional prosedur (SOP) untuk dilaksanakan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Harapan kami setelah kegiatan ini prajurit di Lanal Kendari mampu memahami tugas pokoknya, baik itu perorangan, maupun tim dan kelompok, sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka dapat dan sudah mampu memahami apa yang mereka kerjakan bagian sesuai tugas dan fungsinya," jelasnya.
 
Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari (kanan)
bersama Ketua Tim Uji Komando Latihan (Kolat) Koarmada II Letkol Laut (P) Fery Kurniawan (kiri).
(Antara/La Ode Muh Deden Saputra)



Ia mengatakan bahwa kegiatan Glagaspur P1 dan P2 tersebut dilaksanakan dengan baik oleh seluruh prajurit Lanal Kendari.

"Jadi kita melihat kesiapan dari Lanal Kendari ini sudah cukup baik, ini terbukti seluruh kegiatan bisa dilaksanakan sesuai rencana yang diberikan oleh pihak Lanal," ujar Fery.

Dia juga menilai para prajurit Lanal Kendari telah mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan memahami teknik atau penguasaan taktik yang cukup baik.

"Namun regenerasi terhadap prajurit ini harus tetap kita kerjakan, bahwasanya kita dalam peningkatan SDM sebagai salah satu program prioritas Bapak KSAL, ini harus tetap kita jaga, jadi program ini tetap kita kerjakan dalam satu tahun sekali," tambahnya.
 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023