Kunjungan ini dalam rangka peninjauan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Dieng
Banjarnegara (ANTARA) - Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk memantau progres penataan kawasan wisata tersebut.

Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi V DPR RI H Andi Iwan Darmawan Aras itu diterima Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati menyampaikan terima kasih karena KWDT Dieng Banjarnegara pada tahun 2023 mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat untuk penataan infrastruktur.

Ia juga mengharapkan dukungan DPR RI demi terwujudnya destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng yang lebih tertata.

"Kawasan wisata Dieng memang belum bisa menyaingi Borobudur, tapi kami akan berusaha mengejar menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Tengah," ungkapnya.

Baca juga: Kementerian PUPR percantik pariwisata Dieng kembangkan ekonomi Jateng

Baca juga: Dinas: Pemerintah pusat segera percantik kawasan Dieng Banjarnegara


Sementara dalam sambutannya, Ketua Komisi V DPR RI H Andi Iwan Darmawan Aras menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan kerja spesifik tersebut.

"Kunjungan ini dalam rangka peninjauan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Dieng, sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," jelasnya.

Kunjungan kerja spesifik itu juga diisi paparan yang disampaikan oleh Candra selaku perwakilan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam paparan tersebut dijelaskan bahwa penataan KWDT Dieng yang dilakukan oleh Kementerian PUPR menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk penataan infrastruktur dan transportasi di Dieng sebesar Rp161 miliar.

Anggaran tersebut untuk lima titik kegiatan, yakni tiga titik di Kabupaten Banjarnegara yang terdiri atas Komplek Aswatama, Komplek Candi Dieng, dan Komplek Kawah Sikidang dengan anggaran sebesar Rp101 miliar, serta dua titik di Kabupaten Wonosobo yang terdiri atas Telaga Warna dan Bukit Sikunir dengan anggaran sebesar Rp64 miliar.

Sementara saat diskusi, Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengatakan pihaknya selalu berusaha untuk mendengarkan aspirasi masyarakat di Jawa Tengah.

Dengan demikian, kata dia, diharapkan akan semakin banyak program yang turun untuk kemajuan Jawa Tengah.

"Baik (program) untuk jalan, air dan fasilitas lain," katanya.

Anggota Komisi V lainnya, Laksmi Indaryani mengakui letak Dieng berada di dalam dan jauh dari stasiun kereta api maupun ruas jalan nasional.

Akan tetapi, dia optimistis akses menuju Banjarnegara dan Dieng ke depan bakal semakin mudah dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga serta akses jalan yang makin terbuka melalui Pemalang dan Pekalongan.

"Maka infrastruktur jalan dan sarana transportasi sangat penting," tegasnya.

Usai paparan dan diskusi, rombongan Komisi V DPR RI selanjutnya meninjau Komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. 

Baca juga: Dinas: Peningkatan aktivitas Gunung Dieng tidak pengaruhi pariwisata

Baca juga: GeoDipa percepat pengembangan panas bumi dengan bangun 2 unit PLTP

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023