Manado (ANTARA) - Rombongan pertama delegasi Angkatan Udara Australia (RAAF) yang akan mengambil bagian dalam Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 telah tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri), Manado, Sulawesi Utara.

Rombongan terdiri dari tiga Pesawat F-35 RAAF Australia, tiba pada Kamis (14/9).

Kadispenau Marsma TNI R Agung Sasingkojati dalam keterangan tertulis Jumat mengatakan kedatangan pesawat ini merupakan bagian dari persiapan untuk latihan bersama yang rencananya akan diadakan dalam beberapa hari ke depan.

Rombongan besar RAAF  terdiri dari tiga pesawat F-15A, satu C-17, satu KC30, dan satu C-130J dijadwalkan tiba pada Jumat (15/9).

Latihan Elang Ausindo 2023 akan mencakup berbagai jenis latihan termasuk Dissimilar Basic Fighter Manuever, Dissimilar Air Combat Manuever, Offensive Counter Air, dan Defensive Counter Air.

Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dalam operasi bersama yang melibatkan Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta Pesawat Tempur F-35 dari RAAF.

Selain itu, juga untuk memperkaya keahlian tempur Angkatan Udara kedua negara sembari memperkuat persahabatan antara Australia dan Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesiapan dan kerja sama antara kedua negara dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah Asia Pasifik.

Kedatangan rombongan pertama RAAF di Manado telah menciptakan antusiasme personel TNI AU sehingga keduanya siap untuk latihan demi meningkatkan interoperabilitas dan memperdalam hubungan persahabatan yang sudah terjalin lama antara kedua negara.
Baca juga: TNI AU jalani latihan Albatros Ausindo 2023 di Australia
Baca juga: Australia siap gelar "Rajawali Ausindo" dengan TNI AU
Baca juga: Kasau dan Kepala Staf AU Australia membahas peluang perkuat kerja sama

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023