Jakarta (ANTARA) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar salat untuk meminta diturunkan hujan atau Istisqa secara serentak pada Jumat, khususnya di wilayah yang mengalami kekeringan.

“Sebagai organisasi yang berasaskan Islam, merupakan sebuah kewajiban bagi kita bermunajat, memohon kepada Allah atas kemarau yang panjang ini. Kita memohon agar turun hujan," kata Ketua DPP PPP Bidang Dakwah Rojih Ubab Maimoen dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat.

Rojih mengatakan saat ini Indonesia mengalami kemarau yang berkepanjangan, sehingga menyebabkan beberapa daerah mengalami kekeringan, lahan pertanian kekurangan pasokan air, serta terjadi kebakaran hutan.

“Ini merupakan bencana. Oleh karenanya, sudah saatnya kita bermunajat kepada Allah, memohon ampunan dan memohon agar diturunkan hujan," kata Rojih.

Lebih lanjut, Sekretaris Pelaksanaan Salat Istisqa Saiful Bahri mengatakan salat memohon hujan ini digelar di seluruh wilayah di Indonesia, khususnya yang mengalami kekeringan, baik melalui instruksi struktur partai maupun basis-basis pesantren.

Di Jawa Barat, kata Saiful, PPP melaksanakan salat Istisqa di Kabupaten Subang dan beberapa daerah lainnya. Kemudian, di Jawa Timur dilaksanakan di Kepulauan Sapudi, Madura.

“Sementara di Sulawesi kita laksanakan di Kabupaten Wajo, di Pulau Sumatera kita laksanakan di Jambi, di Jawa Tengah kita lakukan di Tegal dan beberapa daerah lainnya,” jelas Saiful.

Dengan pelaksanaan salat Istisqa ini, Saiful berharap Allah mengabulkan permintaan agar diturunkannya hujan.

“Semoga hajat kita, masyarakat Indonesia yang sedang mengalami bencana kekeringan segera diturunkan hujan,” kata dia.

Baca juga: Sandiaga Uno sebut ekonomi topik utama koalisi PDIP dan PPP
Baca juga: PPP: Demokrat boleh bergabung, asal komitmen menangkan Ganjar 2024

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023