Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora kemarin, Jumat (15/9) masih menarik untuk dibaca hari ini, salah satunya Presiden Joko Widodo yang mengajak masyarakat menyongsong era disrupsi teknologi dengan optimistis.
 
Kemudian, ada warta menarik lain seputar Menteri Sosial yang membangun lumbung sosial untuk membantu instalasi olah air di daerah kekeringan.
 
Berikut rangkuman berita:
   
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak Senat Akademik Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menyongsong era disrupsi teknologi dengan menghadirkan beragam solusi yang dapat membangkitkan semangat optimisme Indonesia.

Baca juga: Presiden: Songsong era disrupsi teknologi dengan optimisme
   
Kementerian Agama mengajak umat Islam untuk menggelar shalat Istisqa atau shalat meminta hujan, seiring dengan kemarau panjang yang terjadi di Indonesia dan membuat sejumlah wilayah mengalami kekeringan.

Baca juga: Kemenag ajak umat Islam gelar Shalat Istisqa meminta hujan
   
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan bahwa penyelesaian kasus di Pulau Rempang, Kepulauan Riau, sejatinya dapat dituntaskan lewat musyawarah mufakat dengan masyarakat.

Baca juga: PBNU: Kasus di Rempang sejatinya dapat diselesaikan lewat musyawarah
   
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menyebutkan perlu adanya peningkatan layanan kontrasepsi, utamanya di Provinsi Sulawesi Tenggara, mengingat rata-rata kelahiran anak yang masih cukup tinggi, sehingga perlu diturunkan demi mencegah stunting.

Baca juga: Kepala BKKBN: Peningkatan layanan kontrasepsi penting cegah stunting
   
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan saat ini lumbung sosial mulai menyalurkan bantuan air bersih dan instalasi pengolahan air ke daerah terdampak kekeringan.

Baca juga: Mensos: Lumbung sosial bantu instalasi olah air di daerah kekeringan

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023