Penutupan dilakukan demi kelancaran dan keselamatan pengguna jalan karena di lokasi tersebut ada pekerjaan perbaikan jembatan
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Jalan Industri di Desa Pasir Gombong  Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ditutup sementara selama perbaikan jembatan oleh pemerintah setempat.

"Penutupan dilakukan demi kelancaran dan keselamatan pengguna jalan karena di lokasi tersebut ada pekerjaan perbaikan jembatan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna di Cikarang, Sabtu.

Dia menjelaskan penutupan ruas jalan dimaksud diberlakukan mulai Sabtu ini hingga pekerjaan perbaikan jembatan oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi terselesaikan dengan estimasi 16 September-28 November 2023.

Pihaknya bekerja sama dengan Satlantas Polres Metro Bekasi melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi pekerjaan, tepat di depan Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang dengan pengalihan kendaraan yang mengarah serta menuju area pekerjaan.
Peta skema rekayasa lalu lintas di Ruas Jalan Industri Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akibat pekerjaan perbaikan jembatan. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).


Kendaraan dari arah Cikarang atau perempatan Sentra Grosir Cikarang (SGC) menuju Pertigaan Pasir Gombong dialihkan melalui rute Jurong-Kawasan Jababeka-Pintu 5 Jababeka (Polres)-Jalan Raya Lemahabang.

Baca juga: 500 pelaku UMKM Bekasi terima bantuan modal usaha

Baca juga: Kabupaten Bekasi punya perda desa wisata kembangkan ekonomi


Kemudian kendaraan dari arah Pertigaan Pasir Gombong menuju SGC dialihkan melalui rute Jalan Raya Lemahabang-Pintu 5 Jababeka (Polres)-Kawasan Jababeka-Jurong.

Sementara arus lalu lintas kendaraan dari arah SGC dibelokkan ke akses jalan Jurong menuju Kawasan Industri Jababeka 3 sampai dengan perempatan menuju Polres Metro Bekasi.

Pihaknya mengimbau pengguna jalan mencari rute alternatif guna menghindari kemacetan yang dimungkinkan terjadi selama proses perbaikan berlangsung seperti melalui akses Jalan Lemahabang-Cibarusah maupun ruas alternatif lain.

"Terutama untuk menghindari kemacetan lalu lintas di jam sibuk. Pengendara roda dua tujuan Jababeka 2, Lippo, Kawasan Hyundai, dan Kawasan Ejip disarankan lewat Teleng tembus ke Jababeka 1 dilanjut sesuai dengan tujuan pengendara," katanya.

Pemerintah daerah telah memasang media luar ruang seperti spanduk imbauan penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas guna menjaga ketertiban serta kelancaran pengguna jalan selama pekerjaan perbaikan jembatan berlangsung.

"Kami juga melakukan koordinasi secara intensif dengan Satlantas Polres Metro Bekasi serta Dinas Bina Marga agar perbaikan jalan ini berlangsung lancar tanpa kendala ataupun dampak kemacetan lalu lintas," kata dia.

Baca juga: Samsat Kabupaten Bekasi perpanjang program diskon pajak kendaraan

Baca juga: Bank Sampoerna kunjungi nasabah di Bekasi dukung pemberdayaan UMKM

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023