Jakarta (ANTARA) - Pengguna media sosial X atau yang dulu dikenal sebagai twitter kini bisa menyembunyikan tab "Likes" miliknya asal mereka terlebih dahulu berlangganan.

Fitur baru itu merupakan bagian dari upaya X untuk memberikan lebih banyak pilihan privasi kepada penggunanya. Dalam laporan Gizchina, Sabtu, fitur itu memungkinkan pengguna menyembunyikan unggahan yang disukai oleh pengguna yang memanfaatkan fitur yang sama.

Setelah pengguna mengaktifkan fitur menyembunyikan likes, “konten yang disukai” miliknya akan hilang sepenuhnya dari profilnya dan di tampilan pihak ketiga.

Baca juga: CEO Linda Yaccarino sebut fitur panggilan video akan hadir di X

Untuk menggunakan fitur baru itu, pelanggan X Premium perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, buka aplikasi X dan buka profil. Lalu, ketuk tiga titik di pojok kanan atas layar dan pilih “Pengaturan dan privasi” dari menu tarik-turun.

Setelah itu, ketuk “Privasi dan keamanan", gulirkan ke bawah ke bagian “Suka/Likes” dan aktifkan atau nonaktifkan opsi “Sembunyikan tab suka”.

Setelah pengguna mengaktifkan fitur tersebut, tab suka mereka akan disembunyikan dari pandangan publik.

Selain fitur menyembunyikan tab "Likes", X dalam beberapa waktu terakhir memang tengah mengerjakan fitur-fitur baru untuk menarik pengguna, terutama pelanggan premium ke platform ini.

Menurut laporan peneliti Travis Brown, hingga 15 Agustus 2023 hanya sekitar 94.000 pengguna yang mendaftar X Premium. Namun, selama satu setengah bulan terakhir, X telah menambah sekitar 16.000 pelanggan baru setiap minggu.

Baca juga: X izinkan pengguna streaming video secara langsung

Baca juga: Facebook dan Instagram sembunyikan jumlah "like"

Baca juga: Tiktok didenda Rp5,65 triliun terkait data anak-anak di Eropa

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023