Beijing (ANTARA) - Perusahaan China State Railway Group Co., Ltd. (China Railway) mengatakan pihaknya telah menjual 22,88 juta tiket kereta pada Jumat (15/9) sehingga mencatatkan rekor baru untuk penjualan tiket dalam sehari.

Dari total tersebut, sebanyak 20,95 juta tiket kereta dijual di situs pemesanan tiket kereta resmi China, 12306.cn, dan aplikasi resminya, sebut China Railway dikutip Kantor Berita Xinhua pada Sabtu (16/9).

China Railway pada Jumat itu membuka prapenjualan tiket kereta untuk hari pertama libur Festival Pertengahan Musim Gugur dan Hari Nasional, yang tahun ini berlangsung dari 29 September hingga 6 Oktober.

Volume penjualan tiket tersebut mencerminkan permintaan perjalanan masyarakat serta tren pembangunan ekonomi dan sosial, kata seorang pejabat China Railway.

Menurut dia, rekor baru penjualan tiket pada Jumat itu mengindikasikan permintaan yang kuat untuk perjalanan selama masa libur "pekan emas" Festival Pertengahan Musim Gugur dan Hari Nasional yang akan datang.

China diperkirakan akan mencatat 190 juta perjalanan penumpang kereta pada periode sibuk perjalanan (travel rush) selama 12 hari tersebut, yang akan berlangsung dari 27 September hingga 8 Oktober.

Festival Pertengahan Musim Gugur, yang tahun ini jatuh pada 29 September, merupakan festival tradisional China yang biasanya dirayakan dengan reuni keluarga, menyaksikan bulan purnama, dan menyantap kue bulan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023