Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Partai Gerindra Budi Dijawandono menyampaikan partai-nya bersama Koalisi Indonesia Maju menangkap semangat yang ditunjukkan oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dia menambahkan pertemuan antara SBY, AHY dengan Prabowo Subianto, bakal calon presiden yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9) cukup intens dan terbuka.

"Kami sangat intens, sangat terbuka pembahasannya, penuh bercanda tetapi serius. Kami merasa menangkap semangat Pak SBY dan tentu Ketum (Ketua Umum) Demokrat Mas AHY,” kata Budi selepas pertemuan sebagaimana dikutip dari siaran resmi Gerindra di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, beberapa ketua umum partai dari Koalisi Indonesia Maju turut hadir, di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan ketua umum partai lainnya, Grace Natalie dari PSI.

Tidak hanya itu, dua jenderal purnawirawan TNI, yaitu Wiranto dan Agum Gumelar juga hadir dalam pertemuan di Hambalang.

Terkait keberadaan Wiranto dan Agum, Budi menjelaskan keduanya merupakan tokoh-tokoh senior yang punya hubungan baik dengan Prabowo.

Baca juga: Demokrat dukung Prabowo maju calon Presiden RI pada Pilpres 2024

Baca juga: Demokrat umumkan arah koalisi saat Rapimnas 21 September


"Tadi banyak rekan-rekan lama yang hadir bersama kembali, bernostalgia melepas rindu bersama," kata Budi, yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Gerindra.

Dia mengatakan keberadaan para purnawirawan dalam pertemuan Prabowo, dan SBY menunjukkan ikatan erat yang terjalin lama.

"Saya rasa ini suatu kebiasaan, bentuk hubungan erat yang sudah terjalin lama, dan kita lihat kepemimpinan beliau-beliau ini, panutan-panutan, dan saya rasa menjadi contoh yang baik untuk generasi Indonesia ke depan. Kami melihat mereka ini pimpinan-pimpinan terbaik, putra-putri terbaik Bangsa Indonesia, dan saya rasa ini akan menjadi contoh yang baik untuk generasi penerus," tutur Budi.

SBY dan AHY bersama jajaran anggota Majelis Tinggi dan DPP Partai Demokrat bertemu Prabowo di kediamannya di Hambalang. Dalam pertemuan itu, Partai Demokrat menyampaikan dukungannya secara langsung kepada Prabowo maju sebagai bakal calon presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

AHY, yang juga Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat, menyampaikan keputusan mendukung Prabowo sesuai dengan hasil keputusan Majelis Tinggi. AD/ART Partai Demokrat mengatur keputusan mengenai arah koalisi, dukungan calon presiden dan calon wakil presiden ditentukan oleh Majelis Tinggi Partai.

Baca juga: Dasco ingatkan kader Gerindra rendah hati usai Demokrat dukung Prabowo

Walaupun demikian, deklarasi resmi Partai Demokrat mendukung Prabowo akan disampaikan secara langsung oleh AHY di hadapan para kader saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada 21 September 2023,

"(Rapimnas) diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefku Harsya, yang juga anggota MTP Demokrat, sebagaimana dikutip dari siaran resmi Demokrat.

Prabowo Subianto saat ini secara resmi didukung oleh partai-nya, Gerindra, Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, dan Partai Gelora Indonesia. Partai-partai itu tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023