Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya baru melaksanakan Operasi Zebra 2023 saat ini karena fokus pengamanan KTT ASEAN melalui Operasi Tribrata Jaya pada 1-8 September 2023.
 
"Kami sampaikan bahwa Operasi Zebra 2023 memang di Jakarta agak mundur karena kemarin seharusnya bulan September pelaksanaannya tetapi bertepatan dengan pengamanan KTT ASEAN tahun 2023," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat ditemui di Jakarta, Senin.
 
Latif menjelaskan, walau Polda Metro Jaya menjalankan Operasi Zebra sedikit terlambat dibanding daerah lain, namun agenda tersebut tetap dijalankan.
 
"Sehingga kalau di daerah lain, di Polda lain sudah berjalan satu bulan yang lalu. Ini kita menyusul, kalau operasi ini tetap dilakukan karena menjadi suatu agenda tahunan yang harus kita lakukan," katanya.
 
Latif juga menambahkan akan mengawasi para anggota yang di lapangan saat menjalankan operasi tersebut.
 
"Tentunya kami ada personel untuk mendampingi mereka, yaitu dari Propam Polda Metro Jaya, kita turunkan untuk ikut mengawasi dan silahkan masyarakat untuk bisa bekerjasama yaitu dalam pengawasan kegiatan yang dilakukan anggota kita, kita sangat terbuka," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 2.939 personel dalam Operasi Zebra 2023
Baca juga: Operasi Zebra Jaya bidik pelanggaran lawan arus hingga parkir liar
 
Polda Metro Jaya mengerahkan 2.939 personel dalam Operasi Kepolisian Kewilayahan “Zebra Jaya 2023” selama 14 hari di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
 
"Operasi Zebra Tahun 2023 ini melibatkan 2.939 personel yang terdiri dari 1.349 personel Satgasda (Satuan Tugas Daerah) dan 1.590 Satgasres (Satuan Tugas Polres) yang dilaksanakan selama 14 hari," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto saat memimpin apel di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Senin.
 
Suyudi menjelaskan, dalam menjalankan Operasi Zebra ini personel mengedepankan sikap edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum lalu lintas (gakkum lantas) secara elektronik baik statis maupun "mobile".
 
"Serta teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna meningkatkan simpati terhadap Polantas dalam rangka memelihara Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kelancaran Lalu Lintas)," katanya

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023